468x60 Ads



E-Portofolio. SEPTIYANI ARINDA RAHADHANI. Kelas 7A

Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#



Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI 

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1. Bagaimana cara melestarikan dan melindungi peninggalan sejarah yang ada di sekitar kita,tuliskan pendapat Anda!
Jawab :
a. Merawat dan menjaga kebersihan di sekitar peninggalan sejarah.
b. Menyimpan barang peninggalan di tempat yang aman.
c. Mengadakan upacara peninggalan sejarah secara rutin supaya tidak tertinggal oleh zaman.
d. Mengajarkan tentang seni dari peninggalan sejarah kepada generasi muda.

2. Menurutmu apakah maksud ungkapan 'laut adalah halaman rumah bagi kami'? Temukan ungkapan lain yang menandakan kekaguman pada alam!
Jawab : ungkapan tersebut mengingatkan agar kita selalu menghargai dan mencintai alam laut harus dirawat dan dijaga kebersihannya seperti kita merawat dan membersihkan pekarangan rumah kita.

Ungkapan lain yang menandakan kekaguman pada alam antara lain:
Dengan melihat keindahan alam kita bisa melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1. Mengapa penanda pertanian dalam kalender Jawa yang menjadi panduan petani untuk melakukan aktivitas tidak berlaku pada era tanam paksa?
Jawab :
• Pada era tanam paksa kolonial hanya berfikir  caranya untung dengan hanya melihat kondisi cuaca dan musim mendukung / tidaknya.
• Penyebab penanda pertanian dalam kalender Jawa yang terjadi panduan petani untuk melakukan aktivitas tidak berlaku pada era tanam paksa karena pemerintah kolonial Belanda mengharuskan petani menggunakan kalender Masehi.

2. Jika ditemukan di suatu daerah di Indonesia sebuah peninggalan peradaban masa lalu dan orang asing ingin menggali peradaban tersebut, apa yang akan kamu lakukan?
Jawab :
Saya ingin mengingatkan bahwa untuk menggali peradaban di Indonesia harus melalui prosedur yang ditentukan oleh pemerintah Indonesia. Jadi, yang saya lakukan pertama kali adalah mencegahnya dengan menanyakan apakah orang asing tersebut telah mempunyai izin untuk menggali peradaban tersebut.

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1. Praktikan cara memperkenalkan kuliner Nusantara kepada orang asing sehingga ia berkenan mencoba kuliner Nusantara!
Jawab:  dengan mengajak orang asing itu untuk mencicipi kuliner Nusantara dengan cara yang menarik, seperti dengan mengemukakan rasa dari kuliner tersebut,  cara pembuatanya, dan bahan-bahan yang digunakan.
2. Adakah kuliner Nusantara yang pernah kamu cicipi? Berikan pendapatmu tentang kuliner Nusantara tersebut dan bagaimana kuliner Nusantara tersebut dapat bertahan di era milenial seperti sekarang!
Jawab: tidak ada, karena saya tidak pernah pergi ke tempat wisata kuliner.


Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Indonesia

1. Pendidikan di Indonesia semakin berkembang. Era milenial mempengaruhi pendidikan Indonesia. Sebutkan 2 contoh perubahan pendidikan di era digital serta dampak perubahan tersebut!
Jawab :
a. Contoh 2 perubahan pendidikan di era digital :
• Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara online/daring dan tugas-tugas pembelajaran juga dikirim melalui online.
• Punculnya aplikasi/progam online untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar. 
b. Dampak perubahan tersebut :
• Proses belajar mengajar tanpa dibatasi ruang dan waktu dapat dilaksanakan dimana saja,kapan saja,dan dengan siapa saja.
• Informasi/materi pelajaran dapat dicari dengan cepat dan mudah.

2. Buatlah 3 buah gurindam berisi nasihat tentang pendidikan!
Jawab :
1) Barang siapa hendak bertanya. Maka tanyalah pada ahlinya.
2) Barang siapa mencari ilmu. Maka carilah kepada guru.
3) Jika belajar bersungguh-sungguh. Kebersihan akan kau rangkuh.

3. Apa yang dapat kamu teladani dari tokoh-tokoh sejarah dari tayangan tersebut?
Jawab :
Semangatnya, tekadnya, kegigihannya, pantang menyerah dalam membela negara.

4. Apa yang kamu dapat teladani dari tokoh-tokoh sejarah dari tayangan tersebut? Sebutkan kesamaan yang kamu temukan dari mereka!
Jawab :
• Tekadnya untuk membela negara.
• Rela mempertaruhkan nyawanya demi bangsa dan generasi, serta pantang menyerah.
• Memiliki semangat juang yang sangat tinggi agar mencapai Indonesia merdeka.

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

1. Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai?
Jawab :
Tari Lenggang Nyai adalah perpaduan unsur budaya Cina dan Betawi dalam busana yang dikenakan, dan gerakannya menggambarkan karakter dan cerita dari Nyai Dasimah.

2. Apakah perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi?
Jawab :
Pola lantai tradisional berdasarkan pola lantai yang lama, sedangkan tari kreasi pola lantainya dapat diubah sesuai kreasi pembuat tarinya.

3. Ceritakan sinopsis dari Tari Lenggang Nyai!!
Jawab :
Tari Lenggang Nyai adalah salah satu kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang terinspirasi dari kisah hidup Nyai Dasimah. Menurut cerita yang beredar, Nyai Dasimah merupakan seorang wanita cantik dari Betawi yang berada dalam kebingungan untuk memilih pendamping hidupnya.

Jumat, 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1. Menurutmu upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjadikan wisata alam sebagai wisata andalan suatu daerah?
Jawab: Ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan yaitu sebagai berikut : • melestarikan dan menjaga wisata alam yang kita miliki. • giat mempromosikan wisata tersebut ke media sosial agar orang lain tertarik untuk berkunjung. • memusatkan wisata alam tersebut menjadi wisata andalan daerah sehingga orang tertarik . Semakin banyak orang yang berkunjung, semakin bagus dampaknya kepada masyarakat sekitar wisata tersebut. • bekerja sama dengan warga sekitar untuk turut serta memelihara dan merawat wisata tersebut.

2. Jika kamu adalah pemimpin di suatu daerah yang memiliki banyak situs bersejarah, apakah yang akan kamu lakukan untuk melestarikan situs-situs tersebut?
Jawab:  a. Mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dalam memelihara dan menjaga situs bersejarah tersebut. b. Membuat museum untuk merawat benda-benda bersejarah. c. Membuat aturan yang berisi sanksi yang tegas bagi siapapun yang melanggar. d. Mempromosikan situs bersejarah tersebut sampai ke luar negeri agar dapat dijadikan sebagai warisan dunia.

Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1. Jelaskan kondisi masyarakat Banten sebelum masuknya Islam ke daerah tersebut !
Jawab: sebelum Islam masuk masyarakat Banten hidup dalam ajaran agama Hindu dan budha.
2. Apakah makna dari tumpak tiang masjid Banten yang berbentuk labu?
Jawab: labu merupakan simbol dari pertanian yang melambangkan bahwa kerajaan Banten sangat makmur, gemah Ripah loh jinawi.
3. Bagaimana bentuk akulturasi budaya yang terlihat dari bangunan masjid agung banten?
Jawab: para arsitektur masjid agung banten terdapat akulturasi budaya antara Jawa, cina dan Belanda. Berdasarkan sejarah bangunan masjid agung banten di buat oleh tiga arsitek yaitu i Raden sepat arsitek asal Indonesia yang merancang masjid agung Demak , cek ban su arsitek asal Tiongkok yang bertugas membangun atap dan Hendy Lucas cardeel arsitek asal Belanda yang membangun menara cara dan Tamiya ruang bermusyawarah.

 
Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1.pulau manakah di Indonesia yang tidak memiliki gunung api ?
Jawab: pulau Kalimantan
2. Apakah yang menyebabkan erupsi gunung api?
Jawab: erupsi gunung api terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang di dorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.
3. Mengapa kita tidak diperkenankan mendekat ketika awan panas menyembur dari erupsi gunung api?
Jawab: karena awan panas yang dikeluarkan gunung berapi dapat menewaskan makhluk hidup dan tumbuh tumbuhan, serta abu vulkanik yang bertaburan yang dihirup manusia akan menjadi beracun dan membahayakan kesehatan manusia.

Senin 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Kini batik dapat kita jumpai di luar provinsi Jawa, menurut pendapatmu, apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa ?
Jawab: filosofi batik di luar Jawa berbeda dengan batik yang berasal dari Jawa disebabkan karena sumber daya alam, status sosial, tingkat kemakmuran, dan sejarah daerah.
2. Terdapat dua corak batik yang dipakai keluarga kerajaan, yaitu parang dan truntum.
Menurutmu, bagaimana perbedaan falsafah kedua corak batik tersebut?
Jawab: batik parang memiliki falsafah hanya raja dan kerabatnya yang boleh memakainya. Besar kecilnya motif parang menyimbolkan status sosial pemiliknya. Corak truntum memiliki falsafah cinta yang tumbuh kembali, cinta yang tulus abadi, dan semakin lama semakin tumbuh. Corak ini biasanya dipakai oleh orang tua pengantin pada hari pernikahan.
3. Jika kamu di wariskan keterampilan membatik, bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati?
Jawab: - sebagai motivasi dengan memperlihatkan pengusaha batik yang sukses.
- memberikan contoh kreatif batik yang inovatif dan keren.
- mengajak teman untuk bergabung bersama kelompok pencinta batik.

Rabu 6 Mei 2020
Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

1. Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang di minati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?
Jawab:
Menurut saya sebuah film akan diminati penonton tergantung pada sutradara karena seorang sutradara sudah mulai bekerja sejak tahap pra produksi, bahkan kadang-kadang sejak ide tersebut pertama kali muncul. Oleh karena itu, peran sutradara dalam sebuah produksi film menjadi yang paling penting di antara kru film yang lain.
2. Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?
Jawab:
- memiliki smartphone yang bagus.
- aksesoris tambahan seperti lensa, tripod, lighting, dan mikrofon.
- teknik editing yang bagus agar film lebih menarik.
3. Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik!
Jawab:
Perancang artistik memiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, dan budgeting. Penata artistik merupakan kreator yang yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film.

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Karihun

1. Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu ? Berikan pendapatmu!
Jawab: setuju, karena Kalimantan merupakan salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak flora dan fauna yang beragam. Diantara flora dan fauna tersebut termasuk langka dan unik.
2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang/dibakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekitarnya?
Jawab: jika pepohonan berdiameter besar di tebang/dibakar maka akan mempengaruhi ekosistem di sekelilingnya, tanah akan kehilangan kekuatan sehingga bila terjadi hujan lebat akan terjadi banjir dan longsor. Bukan itu saja, Flora dan fauna lain akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan sehingga lambat laun bisa punah. Pohon adalah penyumbang oksigen dan penyerap karbondioksida, bila ditebang maka suhu udara di sekitarnya menjadi panas karena kekurangan oksigen.
3. Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?
Jawab: karena sungai adalah sumber bagi kehidupan mereka. Sungai adalah tempat manusia bisa mencari sumber makanan. Sungai juga menyediakan air yang melimpah.

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1. Polusi air terjadi karena campur tangan manusia. Jelaskan tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air !
Jawab:
- pertambangan,
- membuang sampah ke sungai
- perusakan hutan
2. Usaha apa yang kamu lakukan jika dilingkungan sekitarmu ditemukan polusi air?
Jawab:
- menggunakan deterjen yang ramah lingkungan,
- menanam pohon,
- tidak membuang sampah disungai.
3. Tuliskan urutan langkah prosedur Penjernihan air menggunakan biji kelor dengan tepat!
Jawab:
- belah buah kelor dengan pisau dan keluarkan bijinya,
- bersihkan bijinya, lalu tumbuk sampai halus biji kelor tersebut,
- tambahkan sedikit air sampai biji kelor menjadi pasta,
- setelah menjadi pasta masukan pasta kelor ke dalam air kotor,
- aduk air menggunakan sendok secara cepat selama satu menit,
- kemudian aduk secara perlahan selama satu menit,
- endapkan air selama 1-2 jam/sampai air menjadi jernih,
- bandingkan air hasil Penjernihan biji kelor dengan air kotor semula,
- hasilnya air hasil Penjernihan biji kelor lebih jernih dibanding air kotor semula.

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1. Dari kisah Moh. Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?
Jawab: menurut saya, manfaat membaca buku masih sangat relevan dengan kehidupan kita saat ini. Manfaat membaca buku :
- dapat menambah ilmu dan wawasan,
- dapat menambah kosakata,
- dapat meningkatkan hubungan sosial.
2. Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku ditengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain media sosial dalam gawai !
Jawab:
- membuka perpustakaan keliling gratis,
- mengajak teman- teman ke perpustakaan.
3. Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku ?
Jawab:
- generasi penerus bangsa menjadi pemalas,
- generasi muda akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diaaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?
Jawab: dampak bila pengusaha mengabaikan upah para pekerja maka akan fatal akibatnya. Kinerja tenaga kerja, produktivitas, kualitas dan kuantitas produk pun menjadi turun. Hal itu dikarenakan tenaga kerja yang ada tidak pernah termotivasi untuk melakukan lebih banyak buat perusahaan/pengusahanya.
2. Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!
Jawab:
• persiapan:
- menyiapkan bahan utama yaitu eceng gondok kering.
- menyiapkan peralatan seperti papon,kayu,gergaji martil,paku,bahan kain,alat penjepit, gunting,pernis,kuas,dan lem.
• proses:
- jemur batang eceng gondok di bawah sinar matahari secara langsung sampai kering (kurang lebih seminggu).
 - setelah eceng gondok kering, potong ujung-ujungnya lalu pipihkan batang eceng gondok tersebut menggunakan alat penjepit.
- siapkan model, ukuran,bentuk tas/kerajinan yang akan dibuat.
- buat cetakan dari kayu sebelum menganyam eceng gondok agar lebih mudah menentukan ukuran produk.
- batang eceng gondok yang sudah dipipihkan bisa langsung dibuat produk anyaman/tali tambang, untuk selanjutnya dibuat anyaman sesuai selera. 
- setelah anyaman setengah jadi, gunakan lem untuk memperlekat daya anyaman agar tidak mudah bergeser.
- agar warna alami eceng gondok muncul, cat anyaman menggunakan pernis berwarna transparan,lalu jemur selama ± 15 menit.
- setelah pernis kering, tambahkan aksesoris agar anyaman terlihat lebih cantik.
3. Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi dan mengapa kamu memilihya?
Jawab: saya ingin membuat produk tas dari eceng gondok seperti tas belanja untuk ibu-ibu kepasar. Karena dengan tas belanja yang ramah lingkungan seperti eceng gondok ini, kita akan mengurangi ketergantungan pada kantong plastik.

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Virus Corona

 
 Covid-19

    Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS - CoV-2,pertama kali diidentifikasikan di Kota Wuhan , di Provinsi Hubei, Cina pada Desember 2019. Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Jumlah kasus positif virus Korona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah.Covid-19 sebelumnya dikenal sebagai Novel 201 Novel Koronavirus (2019-ncov) penyakit pernapasan, sebelum WHO menyatakan nama resmi sebagai Covid-19 pada bulan Februari 2020.

    Penularan Koronavirus dari manusia ke manusia diperkirakan terjadi melalui kontak langsung dalam jarak dekat , via tetesan kecil /percikan (dropet) dari saluran pernapasan yang dihasilkan penderita saat bersin dan batuk.

    Pada manusia Koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti pilek meskipun beberapa bentuk penyakit, seperti SARS, MERS, dan Covid-19 sifatnya lebih mematikan.

    Manifestasi klinis yang muncul cukup beragam pada spesies lain: pada ayam, Koronavirus menyebabkan penyakit saluran pernapasan atas, sedangkan pada sapi dan babi menyebabkan diare.

    Pencegahan Koronavirus ada beberapa cara , diantaranya: menghindari kontak langsung dengan orang lain, terapkan metode social distancing, sering-sering mencuci tangan dengan sabun, sering berjemur diri di pagi hari, dan biasakan mengonsumsi rempah-rempah, seperti bawang merah,jahe, dll.


Tugas : Sabtu 14 Maret 2020
Menulis Fabel


  Musang dan Anak Ayam

     Suatu hari di senja yang tenang, hiduplah seekor ayam betina yang sedang mengerami tiga ekor telur yang akan menetas. Sang indung ayam itu sangat sayang kepada anak ayam yang ada di dalam telur tersebut .
    Dari kejauhan muncullah seekor musang yang jahat ingin segera mendekati kandang ayam betina tadi. Namun, sebelum menuju kandang ayam tadi, si musang harus menaiki sebuah pohon besar, tetapi musang tidak dapat memanjat pohon itu.
   Akhirnya akal bulus sang musang pun muncul. Ia perlahan lahan menuju pagar terdekat dengan kandang ayam itu, lalu berkata, "Hai ayam aku membawa pesan dan sesuatu yang maha penting dari sang raja hutan, bukalah pintumu lekas," pinta si musang ke induk ayam.
   Ternyata ayam tersebut sudah mengetahui terlebih dahulu bahwa musang sedang mengincarnya. "Ya tunggu sebentar, aku juga ada pesan dari serigala sahabatku, dia punya sesuatu untukmu... sebentar yah... serigala.... serigala.... ke mari sini," kata si induk tak mau kalah sama sang musang. Si musang mendengar si ayam berteriak dan seraya langsung berpikir, "Wah ternyata dia sahabat serigala yang menjadi musuhku, aduh aku harus pergi nih."
    Si musang pun segera meninggalkan kandang induk ayam tadi dan tidak mau kembali lagi . Akhirnya induk ayam dan telur-telurnya selamat dari akal jahat si musang yang mempunyai niat jahat untuk memangsanya. "Jangankan kamu, aku saja takut dan lari kalau ada serigala yang mendekati, hihihi." tawa si induk ayam sambil kembali mengerami lagi telurnya.

HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
23

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

91
100

Nilai / Kategori
91 x 100 / 100
91 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002













0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm