468x60 Ads



E-Portofolio. SYIFA NABILLA SARI. Kelas 7A


Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#


Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI


Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1. Memelihara peninggalan sejarah sebaik-baiknya, menjaga kebersihan dan keindahan. Melestarikan benda sejarah tersebut agar tidak rusak, baik oleh faktor alam maupun buatan. Tidak mencoret-coret benda peninggalan sejarah. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan.

2. Ungkapan lain yang menandakan kekaguman alam adalah
- Dengan melihat keindahan alam kita bisa melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
- Hutan adalah paru-paru dunia.
- Gunung adalah sumber mata air bagi kami.
- Hutan Indonesia lebat seperti rambutku.

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1. Karena pemerintah kolonial menekan petani dengan memaksa menanam hasil komoditas yang seluruhnya harus disetorkan kepada pemerintah.

2. Ingin mengingatkan bahwa untuk menggali peradaban di Indonesia harus melalui prosedur yang ditentukan oleh pemerintah Indonesia. Jadi, saya lakukan pertama kali adalah mencegahnya dengan menanyakan apakah orang asing telah mempunyai izin untuk menggali peradaban tersebut.

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1. Saya:"Selamat siang, Sir. Wedang uwuh adalah minuman yang berasal dari Yogyakarta. Wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Tetapi tunggu, bukan sampah dari barang yang tidak terpakai lagi. Yang dimaksud sampah adalah dedaunan yang telah kering. Wedang uwuh banyak manfaatnya dan dapat menghangatkan tubuh. Silakan mencoba. Pasti ketagihan."
2. Ada, yaitu soto tauco dari Tegal, Jawa Tengah. Pendapat saya tentang kuliner Nusantara tersebut adalah saya tidak begitu menyukainya karena rasanya yang menurut saya aneh. Mungkin karena saya terbiasa makan soto biasa, sehingga rasa tauco yang dicampur soto terasa aneh. Kuliner tersebut harus dipromosikan lebih dan juga harus memperhatikan keunikan dan kekhasannya.

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Indonesia

 1. Mengerjakan tugas dapat dibantu oleh alat komunikasi dan informasi seperti hp, melalui browsing/internet. Dapat belajar sendiri tanpa bantuan guru/orang tua, dengan bantuan internet/ pengajar online.

2. Tiga buah gurindam berisi nasehat pendidikan:
- Apabila hendak menjadi penguasa
  Maka harus bersikap bijaksana
- Barang siapa yang suka menunda
  Niscaya diatas kehilangan kesempatan berharga
- Belajarlah dikala muda
  Supaya senang dikala tua

3. Yang dapat diteladani yaitu sikap tanggung jawabnya, pantang menyerah, bekerja sama, semangatnya dan segala sikap yang baik dari para tokoh-tokoh tersebut.

4. Kesamaan yang dapat ditemukan yaitu
- Mereka sama-sama berjuang melawan penjajah
- Mereka sama-sama berjuang untuk negara
- Mereka sama-sama berkorban demi bangsa

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

1. Keunikan tari lenggang nyai dapat dilihat dari gerakan, busana, dan properti yang dikenakan. Tari lenggang nyai memiliki gerakan yang unik seperti gerakan cidek nyai, gerakan blonter, dan gerakan palang tiga. Busana dan properti yang digunakan juga menarik seperti mengenakan konde cepol, toka-toka, ampreng, pending(sejenis ikat pinggang), mahkota, dan pakaiannya yang dombreng(besar).

2. Perbedaan pola lantai tradisional dan tari kreasi terdapat pada sifatnya. Sifat pola lantai tari tradisional adalah statis, artinya sejak zaman dahulu bentuk pola lantainya sama atau sudah memiliki aturan baku. Sedangkan sifat pola lantai kreasi adalah dinamis, artinya pola lantai ini dapat berubah seiring kebutuhan dan perkembangan zaman.

3. Tari langgeng nyai adalah tari yang berasal dari Betawi. Tari ini mengangkat kisah hidup Nyai Dasimah tentang kebebasannya dalam menentukan pilihannya.

Jumat 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan yaitu
- Melestarikan dan menjaga wisata alam yang kita miliki
- Giat mempromosikan wisata alam tersebut ke media sosial agar orang lain tertarik untuk berkunjung
- Memusatkan wisata alam tersebut menjadi wisata andalan daerah sehingga orang akan tertarik. Semakin banyak orang yang berkunjung, semakin bagus dampaknya kepada masyarakat sekitar wisata tersebut
- Bekerja sama kepada warga sekitar untuk turut serta memelihara dan merawat wisata tersebut
2. Jika saya adalah pemimpin di suatu daerah, hal  yang saya lakukan untuk melestarikan situs-situs sejarah adalah
- Mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dalam memelihara dan menjaga situs bersejarah tersebut
- Membuat museum untuk merawat benda-benda bersejarah
- Membuat aturan atau sanksi yang tegas bagi siapapun yang melanggar
- Mempromosikan situs bersejarah tersebut sampai ke luar negeri agar dapat dijadikan sebagai warisan dunia

Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1. Sebelum era Islam, Kerajaan Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan. Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerajaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah(Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi, diutuslah seorang bernama Sabakingking(kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten, Pucuk Umun. Setelah kedua pihak beradu kesakitan ilmu, takluklah Kerajaan Banten pimpinan Pucuk Umun hingga sang raja pun bersedia pergi ke Mekkah untuk belajar agama Islam. Semenjak saat itu, wilayah kerajaan Banten mendapuk Sabakingking atau Sultan Maulana Hasanudin sebagai pemimpin Kesultanan Islam baru yang terpisah dari otoritas ayahnya, Sunan Gunung Jati atau Sultan Syarif Hidayatullah di Kesultanan Cirebon.
2. Makna dari tumpak tiang Masjid Agung Banten berbentuk labu yakni hasil pertanian labu yang makmur di zaman Sultan Maulana Hasanudin abad ke-16. Sehingga hasil pertanian labu tersebut menjadi sebuah lambang kebanggaan kemakmuran pada masa tersebut. Sedangkan 24 tiang yang terdapat di Masjid Agung Banten bermakna jumlah waktu pada satu hari penuh(24 jam). Kemudian lima tiang kayu diujung atas dalam masjid mengandung artian kewajiban shalat lima waktu. Dengan begitu, maknanya adalah ibadah sholat wajib 5 kali dalam sehari(24 jam).
3. Bangunan Masjid Agung Banten, khususnya menara di masjid tersebut merupakan wujud nyata akulturasi dari budaya seni ragam hias yang terdapat di Pulau Jawa, yakni , tumpak(segitiga memanjang) di kepala menara. Sedangkan bangunan menara sendiri bukan bangunan yang lazim melengkapi masjid pada kala itu dan menara merupakan pengaruh dari kebudayaan Belanda.

 
Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1. Pulau Kalimantan dan pulau Papua
2. Erupsi gunung api disebabkan adanya
- Tabrakan lempeng tektonik ataupun vulkanik disebabkan tekanan dari dapur magma
- Disebabkan adanya gempa vulkanik yang diakibatkan tekanan magma
- Gunung api mendapatkan tekanan yang begitu besar dari magma, yang membuat sebuah ledakan besar
3. Karena awan panas yang menyembur dari proses erupsi memiliki suhu panas yang begitu tinggi, sehingga dapat membahayakan bahkan membinasakan makhluk hidup yang ada di sekitarnya

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Setiap daerah mempunyai batik khas sendiri-sendiri, namun filosofi batik Jawa maupun diluar Jawa sama yaitu tentang kehidupan
2. Parang adalah tentang kehidupan, ada yang senang, ada yang susah. Sedangkan adalah tentang kehidupan di dalam gelap ada cahaya yang menerangi
3. Saya akan mengajari teman-teman saya belajar membatik dan membuat hasil dari karyanya menjadi pakaian.

Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutrdaraan dan Produksi Artistik

 Menurut saya, sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara, karena seorang sutradara sudah mulai bekerja sejak tahap pra produksi, bahkan kadang-kadang sejak ide tersebut pertama kali muncul
1. Bila saya membuat film pendek menggunakan gawai atau gadget seperti smartphone, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tata artistik film menjadi bagus, yaitu
- Memilih smartphone yang bagus
- Aksesoris tambahan seperti lensa, tripod, lighting, dan mikrofon
- Edit film langsung dari smartphone
2. Penata artistik merupakan kreator yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film. Perancang artistik memiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, dan budgeting. Namun dalam produksi skala kecil, dua peran ini sering digabungkan. Pekerjaan artistik dilaksanakan oleh sebuah tim diantaranya terdiri dari:
- Asisten penata artistik
- Juru gambar
- Ahli gambar
- Pembuat model
- Property
- Kepala konstruksi
- Special effect
- Kostum
- Make up
Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Kerihun

1. Setuju, karena Kalimantan merupakan 4 diantara beberapa tempat di Indonesia yang memiliki
    banyak flora dan fauna yg beragam.
2. Tanah akan kehilangan kekuatan nya sehingga bila terjadi hujan lebat akan terjadi banjir dan
    longsor. Flora dan fauna akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan, sehingga mereka
    pun akan punah.
3. Karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka, sungai adalah tempat manusia mencari
    makan seperti ikan, dan kerang kawasan lembu sungai juga menawarkan kesuburan tanah

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1. Tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air yaitu: limbah rumah tangga, penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan, dan air deterjen bekas cucian
2. Usaha yang dapat dilakukan jika ditemukan polusi air yaitu: melakukan pengelolaan limbah air, reboisasi, dan menggunakan deterjen ramah lingkungan
3. Prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor, yaiku:
- Bersihkan biji kelor dan pilih biji yang tidak berwarna coklat, lalu tumbuk sampai halus
- Larutkan dua sendok biji kelor dalam satu liter air, kemudian aduk sampai rata
- Saring larutan menggunakan kain serbet
- Aduk secara cepat selama dua menit dan pelan selama sepuluh menit
- Biarkan selama satu jam, kotoran pada air akan menempel pada bubuk biji kelor dan tenggelam ke dasar air
- Tuang air yang bersih ke dalam wadah yang bersih

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1. Manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupan saya saat ini adalah saya dapat menjelajah dunia tanpa harus melintasi benua dan samudra. Dan juga saya dapat menambah wawasan tentang dunia luar tanpa perlu menjelajah dunia
2. Pendapat saya adalah menggalakkan program budaya membaca buku di sekolah dan memberikan tugas meringkas atau merangkumnya atau menceritakan kembali bukunya yang telah dibaca
3. Dampak negatifnya adalah generasi muda Indonesia tidak menghargai keindahan sastra Indonesia dan kurangnya wawasan berbahasa yang baik dan benar

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. Sangat fatal jika diabaikan pekerjaan
2. Bahan-bahan eceng gondok:
- Eceng gondok kering
Alat-alat dari eceng gondok:
- Papan
- Kayu
- Gergaji
- Martil
- Paku
- Bahan kain
- Alat jepit
- Gunting
- Pernis
- Kuas
- Lem
Cara dan proses pembuatan:
1. Kita harus menjemur bahan eceng gondok dibawah sinar matahari secara langsung.(1-7 hari)
2. Setelah eceng gondok kering dalam waktu seminggu, kemudian gunakan penjepit untuk mempipihkan bahan eceng gondok, lakukan terus sampai bahannya habis
3. Setelah itu, gunakan model untuk membuat cetakan dari kayu sebelum menganyam eceng gondok agar lebih mudah dilakukan. Biasanya model seperti ukuran, tas, dan kerajinan lain
4. Kemudian buatlah anyaman melalui tali tambang agar lebih kreatif dan bagus
5. Gunakan lem saat anyaman setengah jadi agar tidak mudah hancur atau bergeseran atau berantakan
6. Gunakan cat pernis warna transparan untuk mengecat anyaman yang sudah selesai agar lebih alami
7. Jemur anyaman yang sudah di cat, membutuhkan waktu lima belas menit untuk menunggu
8. Setelah kering, tambahkan aksesoris agar anyaman lebih indah dan berkilap
3. Misalnya tas belanja Ibu ke pasar atau juga bisa membuat kotak pensil jika kalian suka. Namun dengan harga jual yang tinggi, tas belanja juga memiliki harga yang tinggi. Karena tas dimanfaatkan sebagai belanja apa saja untuk mencegah lingkungan bersih

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Virus Corona

Waspadai Virus Corona, Seorang Pasien Diisolasi di RS M Djamil Padang

Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.
Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Gejala Virus Corona 
Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam tinggi dan batuk berdahak bahkan berdarah, sesak nafas, dan nyeri dada.
Namun secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:
1. Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat celcius).
2. Batuk.
3. Sesak napas.
Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Kapan Harus Ke Dokter
Segera ke dokter bila anda mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul dalam 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona.
Bila anda mungkin terpapar virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun, anda tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk memeriksa diri, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Penyebab Virus Corona
Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome(MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome(SARS).
Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.
Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:
1. Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19.
2. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.
3. Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misal bersentuhan atau berjabat tangan.
Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, dan orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Diagnosis Virus Corona
Untuk menentukan apakah pasien terinfeksi virus Corona, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien. Dokter juga akan bertanya apakah pasien bepergian atau tinggal di daerah yang memiliki kasus infeksi virus Corona sebelum gejala muncul.
Guna memastikan diagnosis COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berikut:
1. Uji sampel darah.
2. Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak(tes PCR).
3. Rontgen dada untuk mendeteksi inflitrat atau cairan di paru-paru.

Pengobatan Virus Corona
Infeksi virus Corona atau COVID-19 belum bisa diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya dan mencegah penyebaran virus, yaitu:
1. Merujuk penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan dan karantina di rumah sakit yang ditunjuk.
2. Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita.
3. Menganjurkan penderita COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri dan istirahat yang cukup.
4. Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh.

Komplikasi Virus Corona
Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius di bawah ini:
1. Pneumonia.
2. Infeksi sekunder pada organ lain.
3. Gagal ginjal.
4. Acute cardiac injury.
5. Acute respiratory distress syndrome.
6. Kematian.

Pencegahan Virus Corona
Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19, oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan anda terinfeksi virus ini, yaitu:
1. Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung(social distancing).
2. Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
3. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
4. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.
5. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
6. Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
7. Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
8. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batukatau bersini, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
9. Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
10. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.
Untuk orang yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular kepada orang lain, yaitu:
1. Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
2. Periksakan diri ke dokter hanya bila anda mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (pasien dalam pengawasan).
3. Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
4. Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk anda sampai anda benar-benar sembuh.
5. Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sakit.
6. Hindari berbagi penggunaan alat makan, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
7. Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
8. Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.


Tugas : Sabtu 14 Maret 2020
Menulis Fabel


 Bangau dan Seekor Anjing

Suatu hari seekor anjing pergi mencari makanan ke sebuah danau, di sana terkadang terdapat beberapa makanan terkadang pula tidak sama sekali ada makanan untuk sang anjing. Sang anjing menggunakan penciuman, mata, dan telinganya untuk mencari makanan hingga ketika dia berjalan sang anjing mencium bau ikan lalu dia mengikuti arah bau itu dan sampailah dia tepat dimana bau itu berasal, namun dia tidak menemukan ikan itu ditanah maupun dekat air. Ketika dia melihat ke atas ternyata seekor bangau bertengger di sebuah pohon, paruhnya yang besar sedang memegang ikan. Burung bangau itu bukanlah burung yang sering dilihat oleh sang anjing.

Sang anjing tersenyum bahagia karena dia telah menemukan makanan, meskipun makanan itu dipegang oleh seekor burung bangau yang besar. "Ah, aku tidak perlu mencari ke tempat yang jauh karena aku sudah menemukan makanan yang aku cari dan makanan itu cukup untuk membuatku kenyang," pikir sang anjing. Sang anjing kini melihat sang burung bangau yang bertengger di pohon itu dengan penuh rasa kagum lalu sang anjing berkata sambil berteriak dengan keras,"Hai, burung yang indah dan cantik, kau kelihatan sangat indah ketika bertengger di dahan itu." Sang burung bangau menoleh ke arah sang anjing dengan memiringkan kepalanya, dia memperhatikan sang anjing dengan sangat curiga, sang burung bangau tetap menutup paruhnya dan tidak membalas sahutan sang anjing.

"Lihatlah kakimu yang besar dan kuat itu," kata sang anjing "Tubuhmu yang besar dan warna bulumu yang lebar itu sangat cantik dan paruhmu yang panjang itu sangat indah." rayu sang anjing. "Burung indah seperti dirimu pasti memiliki suara yang cukup bagus dan merdu, kau adalah burung sempurna ketika kau bernyanyi dengan indah dan aku akan memujimu selayaknya sang ratu burung yang indah." Mendengar rayuan sang anjing yang begitu membuat senang sang burung bangau, sang burung bangau kini lupa akan rasa curiga dan ikan besar yang dipegang oleh paruhnya.

Sang burung bangau ingin sekali disebut-sebut sebagai sang ratu burung dan kini dia membuka mulutnya dan mengeluarkan suaranya yang cukup keras. Tidak sadar sang burung telah menjatuhkan ikan besarnya di dekat sang anjing.

Sang anjing berhasil mengelabuhi sang burung, ketika ikan itu jatuh ke tanah sang anjing menginjak ikan itu sambil berkata,"Kau memang burung besar dan cantik, kau memiliki suara meskipun tidak semerdu burung lain, tapi di manakah otakmu, kau menjatuhkan ikan yang cukup besar ini, aku sangat berterima kasih." Sang anjing menggigit dan pergi dari sang burung sambil tersenyum manis dan sang burung kini menyesali perbuatannya.

Kesombongan akan membuat kita lupa diri, sehingga merugikan kita dimasa yang akan datang. Hati-hati dalam menerima pujian karena bisa saja pujian justru akan menjatuhkan kita

HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
23

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

91
100

Nilai / Kategori
91 x 100 / 100
91 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002




0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm