468x60 Ads



E-Portofolio. WIDIYA PRATIWI. Kelas 7A

Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#



Jawaban dari tayangan materi Belajar dari Rumah  di TVRI

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1. Dilindungi
2. Dijaga
3. Dilestarikan

Jawab: "Laut adalah halaman rumah bagi kami."
karena bagi mereka laut adalah tempat mereka bermain.

Jawab: laut adalah tempat yang indah untuk dinikmati

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1. Supaya tidak mengalami kerugian / gagal panen
2. Melarang supaya tidak di akui oleh orang asing

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1. Praktikkan cara memperkenalkan kuliner Nusantara kpd orang asing, sehingga ia berkenan mencoba kuliner nusantara?

Jawab : Pada dasarnya, orang asing jarang suka makan-makanan pedas, tentu ketika mau memperkenalkan makanan Nusantara tingkat kepedasannya harus berada di level rendah.

Pada dasarnya, orang asing jarang suka makan-makanan pedas, tentu ketika mau memperkenalkan makanan Nusantara tingkat kepedasannya harus berada di level rendah. Kemudian kita jelaskan bahwa kuliner Nusantara bumbunya terdiri dari berbagai macam rempah-rempah yang baik untuk kesehatan. Dengan begitu, orang asing pasti penasaran untuk mencoba kuliner Nusantara.

2. Adakah kuliner Nusantara yg pernah kamu cicipi? Berikan pendapatmu tentang kuliner nusantara tersebut dan bagaimana kuliner nusantara tersebut dapat bertahan di era milenial seperti sekarang?

Jawab : Tentu ada yang pernah saya cicipi, karena saya orang pribumi. Kuliner Nusantara yang pernah saya cicipi seperti rendang.

Menurut saya rendang memiliki rasa yang khas, dan sangat nikmat untuk dinikmati bagi semua khalangan. Selain itu rendang juga dibuat dari rempah-rempah yang tentunya baik bagi kesehatan.

dan jangan salah, di era milenial seperti sekarang makin banyak orang yang sadar akan kesehatan. Dan karena kuliner Nusantara dibuat dengan memakai rempah-rempah, tentu sudah terjamin kesehatannya. Berbeda dengan mkanan instan yang cepat saji

dan jangan salah, di era milenial seperti sekarang makin banyak orang yang sadar akan kesehatan. Dan karena kuliner Nusantara dibuat dengan memakai rempah-rempah, tentu sudah terjamin kesehatannya. Berbeda dengan mkanan instan yang cepat saji

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Indonesia

1. Sistem pembelajaran disekolah saat ini lebih ringkas dari pada zaman dahulu. Dampaknya adalah siswa harus mencari sumber-sumber belajar lainnya yang mendukung materi pelajaran disekolah.

2. Siswa dapat memanfaatkan teknologi untuk memperoleh sumber belajar.dampaknya adalah buku tidak lagi berperan penting dalam pembelajaran dan siswa yang menghabiskan waktunya didepan gawai atau laptop tetapi tidak untuk belajar.

2 a. Ingin Mengharumkan nama baik Indonesia.
   b. Mereka merelakan dirinya hanya untuk kepentingan bersama /sosial.
   c. Memiliki kesamaan untuk indonesia merdeka.

3. Mereka tangguh dan pemberani, patriotisme, kepahlawanan,nasionalisme ,cinta tanah air, berjiwa besar, membela kebenaran dan keadilan.

4. Gurindam 1:
    Carilah teman yang berilmu dan bijaksana
    Dengan begitu hidupmu akan berguna

    Gurindam 2:
    Jika ingin mengenal orang pintar
    Selalu belajar tak pernah sebentar

    Gurindam 3:
    Carilah ilmu hingga ke negeri yang jauh
    Dan terapkan dengan bersungguh-sungguh

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

1. Keunikan tari lenggang nyai dapat dilihat dari gerakan, busana,dan properti yang dikenakan . Tari lenggang nyai memiliki gerakan yang unik seperti gerakan cindek nyai , gerakan blonter, dan Gerakan pala tiga .busana dan properti yang dikenakan juga menarik seperti mengenakan konde cepol ,toka-toka ,ampreng ,pending(sejenis ikat pinggang),mahkota dan pakaiannya yang dombreng(besar).

2. Perbedaan pola lantai tradisional dan tari kreasi terdapat pada sifatnya. Sifat pola lantai tari tradisional adalah statis, artinya sejak zaman dahulu berbentuk pola lantainya sama atau sudah memiliki aturan baku.Sedangkan sifat pola lantai ini dapat berubah seiring kebutuhan dan perkembangan zaman .

3.Tari lenggang Nyai adalah tari yang berasal dari Betawi.Tari ini mengangkat kisah hidup nyai Dasimah tentang kebiasaannya dalam menentukan pilihannya.


Jumat, 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1.menjaga keasrian tempat wisata alam tersebut , merawat dan menjaganya agar tidak dirusak oleh orang-orang yang berbuat usil, dan menambah fasilitas yang memadai agar pengunjung dapat lebih betah disana.

2.memberikan sosialisasi pengetahuan pada masyarakat sekitar agar mau menjaga situs bersejarah itu,
Dijadikan tempat wisata agar banyak yang mengetahuinya , dan menjaga kebersihan tempat situs tersebut.


Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1.Sebelum era Islam, Kerajaan Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan.

Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerjaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi, diutuslah seorang bernama Sabakingking (kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten Pucuk Umun.

Setelah kedua pihak beradu kesaktian ilmu, takluklah Kerajaan Banten pimpinan Pucuk Umun hingga sang raja pun bersedia pergi ke Mekkah untuk belajar agama Islam.

Semenjak saat itu, wilayah kerajaan Banten mendapuk Sabakingking atau Sultan Maulana Hasanudin sebagai pemimpin kesultanan Islam baru yang terpisah dari otoritas ayahnya, Sunan Gunung Jati atau Sulatn Syarif Hidayatullah di Kesultanan Cirebon.

2.Makna dari tumpak tiang Masjid Agung Banten berbentuk labu yakni hasil pertanian labu yang makmur di zaman Sultan Maulana Hasanudin abad ke-16.

Sehingga hasil pertanian labu tersebut menjadi sebuah lambing kebanggaan kemakmuran pada masa tersebut.

Sedangkan 24 tiang yang terdapat di Masjid Agung Banten bermakna jumlah waktu pada satu hari penuh (24 jam).

Kemudian lima tiang kayu di ujung atas dalam masjid mengandung artian kewajiban sholat lima waktu.

Dengan begitu, maknanya adalah ibadah sholat wajib 5 kali dalam sehari (24 jam).

3.Bangunan Masjid Agung Banten, khususnya menara di masjid tersebut merupakan wujud nyata akulturasi dari budaya seni ragam hias yang terdapat di Pulau Jawa, yakni, tumpak (segitiga memanjang) di kepala menara,

Sedangkan bangunan menara sendiri bukan bangunan yang lazim melengkapi masjid pada kala itu dan menara merupakan pengaruh dari kebudayaan Belanda.

Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1. Kedua pulau besar tersebut yakni Kalimantan dan Papua. Diketahui, Indonesia berada di pertemuan lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Hal ini membuat Indonesia memiliki banyak gunung berapi.

2. Gunung api meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. ... Hasil letusan gunung berapi berupa: gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas, lahar, tanah longsor, gempa bumi, abu letusan, awan panas.

3. Alasan tidak diperkenankan mendekat ketika awan panas menyembur dari erupsi gunung api karena awan panas yang menyembur dari erupsi gunung api sangat tebal.Ketebalannya bisa mencapai 30 sampai 50 meter bahkan ada yang mencapai 220 meter.

Awan panas ini bergerak sangat cepat dengan kecepatan 30 meter/detik bahkan bisa mencapai 200 meter/detik.

Awan panas ini juga membawa suhu yang sangat panas mencapai 350 derajat celius sampai 1075 derajat celcius yang mengandung gas flour, belerang, H2S (gas asam), magnesium serta kalium yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Kini batik dapat kita jumpai di luar provinsi Jawa. Menurut pendapatmu, apakah filosofi batik di luar Jawa sama dengan batik yang berasal dari Jawa?

2. Terdapat dua corak batik yang dipakai keluarga kerajaan, yaitu Parang dan Truntum. Menurutmu, bagaimana perbedaan falsafah kedua corak batik tersebut?

3. Jika kamu diwariskan keterampilan membatik, bagaimana cara kamu mengajarkan keterampilan batik kepada temanmu agar menjadi keterampilan yang diminati?

Jawaban :

1. Filosofi Batik di luar Pulau Jawa sangat berbeda dengan Batik yang berasal dari Jawa, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan struktur sosial dan wilayah, perbedaan tingkat kemakmuran, perbedaan sumber daya alam yang dimiliki di daerah tersebut, serta perbedaan sejarah asal usul daerah tersebut.

2. Perbedaan falsafah atau makna dari batik Parang dan Truntum adalah :
Motif Batik Truntum bermakna cinta yang tumbuh kembali. Motif batik ini sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur berkembang.
Karena maknanya, kain bermotif truntum biasa dipakai oleh orang tua pengantin pada hari penikahan. Harapannya adalah agar cinta kasih yang tumaruntum ini akan menghinggapi kedua mempelai.
Kadang dimaknai pula bahwa orang tua berkewajiban untuk “menuntun” kedua mempelai untuk memasuki kehidupan baru.
Motif Batik Parang memiliki kandungan makna yang tinggi. Bahasa simbol yang terkandung di dalamnya adalah sebuah pesan bahwa sebagai manusia hendaknya tidak pernah menyerah dalam mengarungi kehidupan, sebagaimana ombak di samudera yang tak pernah lelah untuk bergerak.
Bentuk motif batik parang yang saling berkesinambungan, menggambarkan jalinan hidup yang tidak pernah putus, selalu konsisten dalam upaya untuk memperbaiki diri, memperjuangkan kesejahteraan, maupun dalam menjaga hubungan antara manusia dengan alam, manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhannya.
Garis diagonal yang terdapat dalam motif batik Parang, memberi gambaran bahwa manusia harus memiliki cita-cita yang luhur, kokoh dalam pendirian, serta setia pada nilai kebenaran. Dinamika dalam pola parang ini juga disebut ketangkasan, kewaspadaan, dan kontituinitas antara satu dengan yang lainnya

3. Jika saya memiliki keahlian untuk membatik, saya akan membuka sanggar khusus untuk belajar batik, di mana semua orang bisa belajar gratis di sanggar tersebut.
Agar teman-teman kita juga tertarik dengan batik, kita sampaikan pada mereka keunggulan kain batik dibandingkan dengan kain modern lainnya.
Kita sampaikan pula bahwa dengan memiliki keahlian membatik, kita juga bisa membuka wirausaha untuk memproduksi dan menjual kain maupun baju batik sendiri.Dan akhirnya mereka tertarik untuk belajar membatik karena ada nilai ekonomis di dalamnya.

Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

1. Menurut saya sebuah film akan diminati penonton tergantung pada sutradara karena seorang sutradara sudah mulai bekerja sejak tahap pra produksi, bahkan kadang-kadang sejak ide tersebut pertama kali muncul.
2.Agar tata artistik film menjadi bagus, yaitu :
●Memilih Smartphone yang bagus
●Aksesori tambahan seperti lensa, tripod, lighting, dan mikrofon
●Edit Film Langsung dari Smartphone.
3. Penata Artistik merupakan kreator yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film.

Perancang Artistik memiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, dan budgeting.
Namun dalam produksi skala kecil, 2 peran ini sering digabungkan. Pekerjaan artistik dilaksanakan oleh sebuah tim di antaranya terdiri dari :
●Asisten penata artistik
●Juru gambar
●Ahli gambar
●Pembuat model
●Property
●Kepala konstruksi
●Special effect
●Kostum
●Make up

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Karihun

1. Setuju, karena Kalimantan merupakan 4 diantara beberapa tempat di Indonesia yang memiliki
    banyak flora dan fauna yg beragam.
2. Tanah akan kehilangan kekuatan nya sehingga bila terjadi hujan lebat akan terjadi banjir dan
    longsor. Flora dan fauna akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan, sehingga mereka
    pun akan punah.
3. Karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka, sungai adalah tempat manusia mencari
    makan seperti ikan, dan kerang kawasan lembu sungai juga menawarkan kesuburan tanah.

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1. Membuang sampah / limbah rumah tangga ke sungai,menggunakan detergen dalam rumah tangga,menggunakan bahan kimia berbahaya untuk pertanian yang bisa mencemarkan air
2. Tidak membuang sampah di sungai /sumber air lainnya,rutin melakukan upaya pembersihan sumber air, menanam pohon, menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan,dan melakukan pengolahan limbah dengan benar.
3. Belah buah kelor dengan pisau dan keluarkan 4 bijinya,bersihkan bijinya,masukan biji kelor ke dalam mortal dan tumbuk dengan alu hingga halus,beri sedikit air hingga biji kelor menjadi pasta,campurkan pasta kelor ke dalam air kotor,aduk dengan sendok secara cepat selama 1 menit,kemudian aduk secara perlahan selama 1 menit,endapkan air selama 1-2 jam/hingga air jernih terpisah dari endapan kotoran,bandingkan air hasil penjernihan biji kelor dengan air kotor semula.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa air jernih akan terpisah dari endapan kotoran.

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1. Dapat menambah ilmu dan wawasan,dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada, dapat menambah kosakata, dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.
2. Membuka perpustakaan keliling gratis, mengajak teman-teman ke perpustakaan,membuat event-event pameran buku murah.
3. Generasi penerus bangsa menjadi pemalas, generasi muda akan sulit mendapatkan pekerjaan, dan berkurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki/

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. Kinerja tenaga kerja, produktivitas, kualitas, dan kuantitas produk menjadi turun.
2. Mengambil eceng gondok dari bagian bawah batang dengan tinggi minimal 30 cm, berukuran  besar, dan agak tua, setelah itu eceng gondok dijemur di bawah sinar matahari secara langsung selama 2-3 hari.
3. Tas belanja untuk ibu-ibu ke pasar, karena dengan tas belanja yang ramah lingkungan seperti eceng gondok ini, kita akan mengurangi ketergantungan pada kantong plastik.

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Virus Corona
 

Waspada Virus Corona

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Virus Corona - Alodokter

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala Virus Corona
Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius)
Batuk
Sesak napas
Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Kapan harus ke dokter
Segera ke dokter bila Anda mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona.

Bila Anda mungkin terpapar virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun, Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Alodokter juga memiliki fitur untuk membantu Anda memeriksa risiko tertular virus Corona dengan lebih mudah. Untuk menggunakan fitur tersebut, silakan klik gambar di bawah ini.

Cek Risiko Infeksi Virus Corona

Penyebab Virus Corona
Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19
Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan
Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Diagnosis Virus Corona
Untuk menentukan apakah pasien terinfeksi virus Corona, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien. Dokter juga akan bertanya apakah pasien bepergian atau tinggal di daerah yang memiliki kasus infeksi virus Corona sebelum gejala muncul.

Guna memastikan diagnosis COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berikut:

Uji sampel darah
Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak (tes PCR)
Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru
Pengobatan Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 belum bisa diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya dan mencegah penyebaran virus, yaitu:

Merujuk penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan dan karatina di rumah sakit yang ditunjuk
Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita
Menganjurkan penderita COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri dan istirahat yang cukup
Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh
Komplikasi Virus Corona
Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius berikut ini:

Pneumonia
Infeksi sekunder pada organ lain
Gagal ginjal
Acute cardiac injury
Acute respiratory distress syndrome
Kematian
Pencegahan Virus Corona
Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing).
Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.
Untuk orang yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:

Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (pasien dalam pengawasan).
Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.
Apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak informasi tentang gejala, pencegahan, dan fakta tentang virus Corona, silakan download aplikasi Alodokter di Google Play atau App Store. Melalui aplikasi Alodokter, Anda juga bisa chat langsung dengan dokter dan membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit.


Tugas : Sabtu 18 Maret 2020
Menulis Fabel

KURA-KURA DAN KELINCI



Suatu hari di sebuah hutan tinggalah seekor kelinci dan kura-kura .
Mereka tinggal di tengah teman-teman yang baik hati .
Suatu hari mereka mengadakan kontes lari cepat, kura-kura dan kelinci pun mengikuti kontes tersebut.Kelinci dan kura-kura menempati garis start dan bersiap untuk berlari ."Bersedia....Yak (bendera pun dikibarkan). Lalu sang kelinci memimpin jauh dari kura-kura , dan kura-kura berlari dengan secepat-cepatnya . Kelinci menoleh kebelakang dan benar kura-kura sudah ketinggalan jauh darinya kelincipun beristirahat dahulu di bawah pohon dan tertidur pulas .
Kura-kura yang melihat kelinci sedang tertidur langsung berlari dengan kencang dan semua penonton bersorak "Kura-kura ayo kamu pasti menang,kura-kura ayo!!" dan kelincipun terbangun lalu mengejar kura-kura dengan seluruh tenaga dan kelinci terlambat mengejar kura-kura lalu kura-kura pun menang.

TAMAT

HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

90
100

Nilai / Kategori
90 x 100 / 100
90 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002

0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm