468x60 Ads



E-Portofolio. DWI WAHYUNINGSIH. Kelas 7B

Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#



Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1) Dengan menaati peraturan yg terdapat pd peninggalan bersejarah atau situs bersejarah.
    Mempelajari peninggalan bersejarah atau situs bersejarah tersebut.
 2) Menyadari bahwa peninggalan bersejarah atau situs bersejarah itu sangat berharga. yg harus dilakukan untuk menjaga dan melindungi peninggalan bersejarah atau situs bersejarah adalh memupuk kesadaran akan berharganya peninggalan tersebut.
3) Menurut sy, maksud dari ungkapan " laud adalh halaman rumah bagi kami" adalh laut merupakan tempt dimana kita bisa menik mati pemandangan dan merasakan keindahan alam bebas. Ungkapn lain yg menandakan kekaguman pd alam adalah " Hutan Indonesia lebat seperti rambutku"

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1) Karena pemerintah kolonial menekan petani dgn memaksa menanam hasil komoditas yg seluruhnya harus disetorkan kepada pemerintah.
2) mencegahnya dgn menanyakan apakah orang asing telah mempunyai izin untuk menggali peradaban tersebut.

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1) Dengan cara mempromosikan kuliner Nusantara melalui media sosial dan dipromosikan dgn gambar yang unik dan menarik sehingga orang asing berkenan mencoba kuliner Nusantara.
2) Ada, yaitu Gudeg . Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dgn santan. Gudeg dimakan dgn nasi dan disajikan dgn kuah santan kental, ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek. Menurut saya Gudeg masih dapat bertahan sampai zaman sekarang karena bahan baku pembuatan gudeg tersebut mudah didapatkan.

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Indonesia

1 Sudah tersedia internet , dampaknya yaitu menjerumuskan anak sehingga lebih banyak bermain game.
2 Sudah tersedia handphon / alat elektronik , dampaknya anak akan menjadi mals atau kecanduan dlm memainkan handphonnya.
3. Semangat dan tekatnya serta kerja keras mereka untuk memajukan negara indonesia.
     Semangatnya, tekadnya, kegigihannya dan pantang menyerah.
4. Gurindam :
jika kalau engkau ingin dikata pintar, janganlah belajar hanya sebentar
carilah guru yg sabar dan pintar, agar engkau belajar tanpa gentar
buku adalah jendela dunia, dgn membaca takkan sia2

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

1) Keunikan Tari lenggang nyai adalah perpaduan unsur budaya cina dan betawi.
2) Pola lantai pada tari tradidional tersebut berdasarkan pola yg sudah ada dari sejak dahulu, sedangkan pd tari kreasi berdasarkan pola yg sudh ada ataupun jg dpt diubah.
3) Tari Lenggang Nyai adalah salah satu tarian khas DKI Jakarta yv diambil dari sebuah cerita rakyat. Banyak pesan dan makna yg ingin disampaikan melalui tarian ini, terutama pesan mengenai kebebasan wanita , Tari ini jg sering kali ditampilkan dlm berbagai acara di Jakarta. Nama Tari Lenggang Nyai sendiri berasal dari kata " lenggang" yg berarti " melengak lengok" dan kata"Nyai" yg diambil dari cerita Nyai Dasima. Menurut sejarahnya , Tari Lenggang Nyai ini diciptakan oleh seorang seniman tari dari Yogyakarta.

Jumat 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1) Upaya pertama yaitu merawat atau menjaga wisata alam yg kita punya agar tdk rusak akibat ulah pengunjung yg tdk bertanggung jawb.
2) embuat sebuah museum yg akan menjaga barang2 yg berasal dari situs bersejarah yv ada. Membuat akun sosial media yv akn memberikan publikasi daripada kebudayaan yg berada pd daerah tersebut. membuat berbagai macam kebudayaan yg berada pd daerah tersebut dan mengiklankan pd daerah lainnya

Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1) Masyarakat banten masih menganut agama hindu

2) Makna tompak tiang yg berbentuk labu adalh landasan teratai yg berhubungan dgn agama Hindu Budha yang berfungsi sebagai penyongkok keseluruhn pd bagian masjid agung ageng ini.

3. Menara dan atap tumpang yg merupakan akulturasi dari budaya hindu dan budha . Tiang berbentuk labu juga merupakan budaya hindu dan budha. Ukiran di dlm Masjid merupakan akulturasi dari budaya cina.

Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1) Pulau Kalimantan dan Papua.
2) Karena endapan magma di dlm perut bumi yg didorong keluar oleh gas yg  bertekanan tinggi.
3) Karena awan panas dari erupsi gunung berapi sangat berbahaya bagi manusia, hewan maupun makhluk hidup lain di sekitarnya. Untuk itulah kita tdk diperjenankan mendekat ketika awan panas menyembur dari erupsi gunung api.

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1) Menurut saya filosofi batik jawa maupun diluar jawa sama, yaitu tentang ketekunan, kegigihan, dan kebanggaan.
2) Parang memiliki falsafah tentang kehidupan, ada yang senang dan ada yang susah sedangkan Truntum memiliki falsafah tentang kehidupan dalam gelap dan ada cahaya yang menerangi.
3) Saya akan mengajak teman teman saya belajar membatik, dan hasil dari karyanya akan dijadikan pakaian dan lain lain.

Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

1. Menurut saya, film yg diminati oleh penonton sangat tergantung pd sutradara, dikarenakan sutradara memiliki peran yg sangat penting, mulai dari proses praproduksi, produksi hingga pasca produksi. Selain itu seorang sutradara memiliki tanggung jwb terhadap kualitas dan makna akhir sebuah cerita film.
2. Menentukan lokasi sesuai dgn skenario, menentukan dana yg akan dialokasikan untuk film yg dibuat, membuat jadwal dan menulis progress yg harus dilakukan tim, menulis daftar properti yg dibutuhkan.
3. Perancang artistik memiliki jangkauan kerja yg lebih luas, menyangkut konsep jadwal dan budgeting. Penata artistik merupakan kreator yg berusaha mewujudkn fantasi dan kreasi dlm setiap seting sesuai dgn kebutuhn film.

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Karihun

1) Setuju, karena hutan di kalimantan memiliki banyak sekali keberagaman hayati yg sangat besar. Sebaiknya hutan tersebut dijaga dan delestarikan.
2) Akan mengganggu ekosistem di bawahnya, karena pepohonan yg besar terdapat banyak kehudupan yg bergantung pada pohon tersebut. Seperti hewan hewan kecil dan makhluk hidup lainnya.
3) Karena sungai adalah sumber kehidupan, seperti misalnya manusia bisa mencari ikan dan mudah untuk mendapatkan sumber air di sana.

Senin,  11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1) Sering menggunakan detergen pakaian yg mengakibatkn air menjadi tercemar, membuang sampah di sungai yang mengakibatkan air sungai menjadi keruh, dan membuang limbah industri ke sungai.
2) Mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkn sampah yg mencemari sungai.
3) Belah buah kelor dengan pisau dan keluarkn bijinya, bersihkan biji kelor lalu tumbuk hingga halus, tambahkan sedikut air sampai biji kelor jadi lurus, aduk secara cpt selama 1 menit, endapkan air selama 1 sampai 2 jam atau  sampai air menjadi jernih

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1) Manfaat membaca buku yang masih relevan dgn kehidupan saya saat ini adalah saya bisa menjelajahi dunia tanpa hrs melintasi benua dan samudra, dan jg saya dpt menambah wawasan tentang dunia luar tanpa harus menjelajahinya.
2) Pendapat saya adalah dgn menggalakkan program budaya membaca buku agar masyarakat terbiasa membaca buku.

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok
1) Akan terjadi penurunan produktifitas, kualitas, dan kuantitas. Hal ini dikarenakn tenaga kerja tidak termotivasi. Apabila hal ini  berlangsung terus menerus maka pelaku industri dapat mengalami kebangkrutan karena menurunya permintaan pasar.
2) Dengan mengambil enceng gondok dari bagian bawah batang dengan tinggi minimal 30 cm, berukuran besar dan agak tua, kemudian enceng gondok dijemur di bawah sinar matahari secara langsung selama 1-2 jam.
3) Saya akan mengkreasikan enceng gondok menjadi sofa karena harga jual yang ditawarkan sangat tinggi. Selain itu, bisnis furniture mebel yang sangat menjanjikan, karena memiliki permintaan yang selalu ada setiap saat


Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Virus Corona


Dampak Corona pada Pendidikan

World Health Organization (WHO) telah menetapkan virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi karena telah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. WHO sendiri mendefinisikan pandemi sebagai situasi ketika populasi seluruh dunia ada kemungkinan akan terkena infeksi ini dan berpotensi sebagian dari mereka jatuh sakit. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana atau meliputi geografi yang luas.
Pandemi COVID-19 akan berdampak dari berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga pendidikan. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada Kamis (5/3/2020) menyatakan bahwa, wabah virus corona telah berdampak terhadap sektor pendidikan. Hampir 300 juta siswa terganggu kegiatan sekolahnya di seluruh dunia dan terancam berdampak pada hak-hak pendidikan mereka di masa depan. Di Indonesia sendiri, dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Jika kondisi seperti ini terus meningkat, maka sudah bisa dipastikan dampaknya terhadap sektor pendidikan juga akan semakin meningkat. Dampak yang paling dirasakan adalah peserta didik di instansi penyelenggara pelayanan pendidikan, seperti sekolah disemua tingkatan, lembaga pendidikan non formal hingga perguruan tinggi.


Tugas : Sabtu 14 Maret 2020
Menulis Fabel




Iri Hati Sang Merpati

Seharian ini, Merpati iri hati pada Tekukur. Merpati merasa jatah jagungnya lebih sedikit dibandingkan dengan Tekukur. Merpati menganggap pemiliknya sudah tak menyayanginya lagi.
“Pemilikku lebih sayang Tekukur,” batin Merpati sambil memperhatikan sang pemilik yang lebih banyak memberikan jagung di tempat makan Tekukur. Merpati pun sedih.

Ingin rasanya ia kabur dari sangkar. Tapi ia tak mau melakukannya, karena esok ada perlombaan balap Merpati yang harus diikuti. Ia pun bertekad memenangi perlombaan agar bisa membanggakan pemiliknya.

Tiba-tiba, Merpati mendengar suara di kebun mentimun di belakang rumah. Ia melihat Kancil yang hendak mengambil buah mentimun.

“Kancil…” panggil Merpati.

Kancil terkejut dipergoki Merpati.

“Maaf, aku lapar. Nanti aku bawa bijinya sebgai ganti,” kata Kancil pelan.

“Bukan itu, aku butuh saranmu,” kata Merpati.

Kancil lalu mendekati sangkar Merpati. Merpati menceritakan kegundahan yang sedang dirasakannya. Dengan seksama Kancil mendengarkan keluh kesah Merpati.

Selesai Merpati bercerita, Kancil memberi saran.

“Jangan begitu Merpati, mungkin pemilikmu tak mau kamu terlalu gemuk.”

“Memangnya kenapa kalau aku jadi gemuk nanti?”

“Nanti terbangmu lambat.”

Merpati menggeleng. “Itu tak mungkin. Aku malah bisa terbang lebih cepat,” kata Merpati dengan sombongnya.

Kancil hanya tersenyum lalu beranjak pergi. Namun, Merpati mencegahnya.

“Kancil, kamu hendak ke mana?”

“Kembali ke hutan. Aku kan sudah memberi saran seperti maumu.”

“Bukan itu saran yang kumau.”

“Lalu apa keinginanmu?”

“Aku mau makan lebih banyak jagung seperti Tekukur.”

Kancil berpikir sejenak. Lalu berkata, “Kamu makan di sangkarnya Tekukur.”

“Caranya?”

“Kamu bujuk Tekukur supaya ia mau bertukar sangkar saat makan jagung.”

Merpati mengangguk. Kancil pun pamit pergi.

***

Setelah Kancil pergi, Merpati membujuk Tekukur untuk bertukar tempat saat makan. Awalnya Tekukur tak bersedia. Tapi karena Merpati terus memaksanya, maka Tekukur pun terpaksa menuruti.

Esok harinya setelah sang pemilik pergi seusai memberi makan jagung. Merpati dan Terkukur bertukar sangkar. Di sangkar Tekukur, Merpati lahap memakan jagung yang berjumlah banyak. Merpati menjadi kekenyangan. Dengan susah payah, Merpati kembali ke sangkarnya.

Tak lama kemudian, sang pemilik mengeluarkan Merpati yang masih kekenyangan dari sangkar. Lalu membawanya ke perlombaan balap Merpati.

Sayang, di perlombaan Merpati yang masih kekenyangan tak bisa terbang cepat sehingga kalah. Sang pemilik kembali ke rumah dengan wajah sedih. Merpati dikembalikan ke sangkarnya.

Di dalam sangkarnya, Merpati tampak menyesal tak menuruti saran Kancil. Ia menceritakan kekalahannya pada Tekukur.

“Merpati, kamu seharusnya tak perlu iri hati. Pemilik kita sengaja memberimu sedikit jagung agar kamu bisa terbang cepat dan menang,” celethuk Tekukur dari dalam sangkarnya.

Merpati malu dan sedih mendengarnya. Ia pun menyesali sesuatu yang sudah tidak ada gunaya/

HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
23

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

91
100

Nilai / Kategori
91 x 100 / 100
91 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002

0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm