468x60 Ads



E-Portofolio. RIDHO MAULANA. Kelas 7A


Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#




Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1. Cara melestarikan peninggalan sejarah : menjaga kebersihan di sekitar peninggalan sejarah yang berupa tempat seperti masjid
monumen dan candi.
Cara melindungi peninggalan sejarah : menjaga peninggalan sejarah agar tetap aman dan terjaga kebersihannya.
2. Maksudnya adalah laut merupakan tempat dimana kita bisa menikmati pemandangan dan merasakan keindahan alam bebas.

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1. Penanda bagi para petani dalam prnotowongso tidak sepenuhnya dapat berjalan ketika eravtanam paksa yang sangat menyengsarakan petani karena sistem pemerintahan kolonial yang sangat buruk.              
2. Jika ditemukandi suatu daerah di indonesia sebuah peninggalanperadaban masa lalu dan orang asing ingin menggali peradaban tersebut maka yang saya lakukan adalah menjaga peninggalan tersebut dan berkunjung ke tempat tersebut.

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1) Saya mempromosikan makanan tersebut kepada orang asing, apabila tampilan kurang menarik. Saya akan membuat makanan tersebut menjadi menarik dan di-modernkan. Sehingga orang asing tersebut berkenan mencoba makanan asing tersebut

2) Saya pernah mencoba berbagai kuliner misalnya adalah rendang dari Sumatera Barat. Menurut saya, rendang memiliki resep turun temurun hingga rasa, kualitas dan keunikannya masih terjaga dengan baik sehingga masih banyak yang berkenan. Apalagi rendang mulai diinovasikan menjadi berbagai hal.

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Nusantara

1. Memudahkan pertukaran informasi komunikasi dan interkoneksi antar manusia
    Adanya layanan jual beli melalui internet

2. Barang siapa hendak bertanya
    Maka tanyalah pada ahlinya

    Barang siapa mencari ilmu
    Maka carilah ke para guru

    Jika belajar besungguh-sungguh
    Keberhasilan akan kau rengkuh

3. Tekadnya untuk membela negara,rela mempertaruhkan nyawa demi bangsa dan generasi, serta pantang menyerah,juga memiliki semangat juang yang sangat tinggi agar mencapai Indonesia.

4. Berani membela negara tanpa pantang menyerah dan menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur.

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

1.Pertunjukan tari ini menggambarkan karakter serta cerita dan nyai Dasimah. Gerakan tari ini lincah menggambarkan keluwesan dan keceriaan gadis betawi.
2.Kalau pola lantai tari tradisional berdasarkan pola lantai yang dulu. Sedangkan kalau tari kreasi baru pola lantainya boleh di ubah sesuai pembuatan tari sesuai kreasinya.
3.Tari lenggang nyai adalah salah satu kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang terinspirasi dari kisah hidup nyai Dasimah.Tarian ini merupakan tarian kreasi baru yang di ambil dari sebuah cerita rakyat, sehingga banyak pesan dan makna yang di gambarkan melalui tarian ini.

Jumat 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1. A. Menjaga keasrian tempat wisata alam tersebut.
    B. Menjaga dan merawat wisata alam agar tetap bersih dan bagus.

2. A. Membuatkannya museum agar lebih memudahkan kita dalam hal merawat dan menjaga situs
         bersejarah tersebut, serta membuatkan peraturan yang berisikan sanksi sanksi apabila ada
         masyarakat yang melanggar serta menentang peraturan tersebut.

    B. Merawat dan menjaga agar menjadi lebih terkenal sampai keluar negri, dan jangan sampai di
         rusak oleh orang tak ber tanggung jawab.

Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1. Sebelum era Islam, Kerajaan Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan. Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerjaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi, diutuslah seorang bernama Sabakingking (kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten Pucuk Umun.
Setelah kedua pihak beradu kesaktian ilmu, takluklah Kerajaan Banten pimpinan Pucuk Umun hingga sang raja pun bersedia pergi ke Mekkah untuk belajar agama Islam dan semenjak saat itu, wilayah kerajaan Banten mendapuk Sabakingking atau Sultan Maulana Hasanudin sebagai pemimpin kesultanan Islam baru yang terpisah dari otoritas ayahnya, Sunan Gunung Jati atau Sulatn Syarif Hidayatullah di Kesultanan Cirebon.
2. Makna dari tumpak tiang Masjid Agung Banten berbentuk labu yakni hasil pertanian labu yang makmur di zaman Sultan Maulana Hasanudin abad ke-16, sehingga hasil pertanian labu tersebut menjadi sebuah lambing kebanggaan kemakmuran pada masa tersebut. Sedangkan 24 tiang yang terdapat di Masjid Agung Banten bermakna jumlah waktu pada satu hari penuh (24 jam) dan lima tiang kayu di ujung atas dalam masjid mengandung artian kewajiban sholat lima waktu. Dengan begitu, maknanya adalah ibadah sholat wajib 5 kali dalam sehari (24 jam).
3. Bangunan Masjid Agung Banten, khususnya menara di masjid tersebut merupakan wujud nyata akulturasi dari budaya seni ragam hias yang terdapat di Pulau Jawa yakni tumpak (segitiga memanjang) di kepala menara, sedangkan bangunan menara sendiri bukan bangunan yang lazim melengkapi masjid pada kala itu dan menara merupakan pengaruh dari kebudayaan Belanda.

Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1. Kalimantan dan Papua

2. Erupsi gunung api terjadi karena adanya pergerakan magma dari dalam perut bumi yang berusaha keluar ke permukaan bumi, saat erupsi terjadi muncul getaran getaran yang kita ketahui sebagai gempa bumi. erupsi juga bisa terjadi karena peningkatan gempa vulkanik, suhu kawah meningkat drastis yang ditandai dengan naiknya magma dan mencapai lapisan kawah paling bawah, lempeng bumi yg saling menekan. semakin besar tekanan dan volume magma maka akan semakin kuat ledakan gunung api yg terjadi.

3. Awan panas bisa mencapai suhu hingga 600 derajat celcius, awan panas bermuatan bebatuan dan material vulkanik padat. Material yang terkandung di awan panas itu bentuknya serpihan halus dan ringan. Angin bisa membawa awan panas ini sejauh puluhan bahkan ratusan kilometer dari asalnya. Awan panas bergerak ke segala arah. Awan panas dapat mematikan semua yang dilewatinya. Manusia yang bernapas di bawah awan panas bisa mengalami kerusakan sistem pernapasan dan paru-paru. untuk itu, ketika terjadi gunung meletus penduduk di sekitar lokasi diminta evakuasi menjauhi gunung.

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Berbeda. filosofi batik dari setiap daerah memiliki keunikan, kekhasan, serta makna yang berbeda. hal tersebut ditandai karena adanya perbedaan sejarah asal usul wilayah tersebut, perbedaan kondisi geografis misal daerah yg berbatasan dgn laut akan memiliki corak atau motif yg berhubungan dengan khidupan laut seperti kerang, ikan, pohon kelapa. dan apabila berbatasan dengan pegunungan maka akan berkaitan dgn kondisi alam pegunungan sekitar, motif batik juga dipengaruhi sifat dan tata penghidupan daerah, kepercayaan dan adat di suatu daerah, serta keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna sehingga dalam pemaknaannya memiliki filosofi yang berbeda.

2.Corak Batik Parang memiliki Falsafah yaitu hanya Raja dan kerabatnya saja yang boleh memakai Batik Parang tersebut. Inilah yang menjadikan motif Batik Parang yaitu besar dan kecilnya yang memiliki arti status sosial dari pemilik Batik Parang tersebut. Corak Batik Truntum memiliki falsafah cinta yang tumbuh kembali, cinta yang abadi, tulus serta semakin lama semakin bertumbuh. Corak Batik Truntum ini sering dipakai oleh orang tua pengantin saat acara pernikahan. Hal ini memiliki makna Bahwa Cinta yang semakin bertumbuh akan terjadi dan dimiliki oleh kedua mempelai.

3. Cara mengajarkan keterampilan membatik kepada teman agar batik menjadi keterampilan yang smakin diminati adalah:
-mengenalkan berbagai jenis batik dari berbagai daerah yang memiliki keunikan dan ciri khas batik tersebut.
-mengajarkan kepada teman sebaya tentang mmbuat keterampilan batik dari daerahnya dengan sabar, ulet, tekun, agar bisa menghasilkan kreasi batik yang cantik
-menunjukkan kreasi batik yang di buat oleh orang orang dengan cantik, kreatif dan unik
-menunjukkan pengusaha batik yang sudah sukses dibidangnya agar kita bisa mengambil pelajaran ttg ketekunan, kesabaran dan kerja keras yang dimilikinya.


Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutrdaraan dan Produksi Artistik

1. Jika sayan akan membuat film pendek, yang harus diperhatikan agar film bagus antara lain:   
a. Miliki smarthpone yang memiliki kamera yang bagus 
b. Memiliki aksesoris tambahan seperti lensa, tripod, lighting dan mikrofon.      
2. Penata aristik merupakan kreator yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film.       
Perancangan aristik memiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, dan budgeting.

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Kerihun

1. Setuju karena Kalimantan merupakan satu diantara beberapa tempat di Indonesia yang memiliki banyak flora dan fauna yang beragam.selain itu,flora dan fauna tersebut termasuk langka dan unik.
2. Ekosistem di sekelilingnya akan berdampak atau berpengaruh ketika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar .dimana hilangnya kesuburan tanah yang mengakibatkan tanah menyerap sinar matahati terlalu banyak ,sehingga menjadivkering dan gersang.

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1. Orang orang banyak membuang sampah di sungai, pembuangan limbah pabrik secara sembarangan tanpa harus di olah terlebih dahulu, pemakaian di terjen secara berlebihan dan di buang ke sungai
2. Menasehati orang orang yang membuang sampah secara sembarangan ke sungai, pemerintah harus membuat kebijakan agar semua orang sadar saat membuang limbah ke sungai, melakukan reboisasi di sekitar bantaran sungai.
3. Membuat pipa penyaringan, membuat penampungan air kotor, membuat penyaring air yang berisi lapisan bahan penyaring dengan urutan yang tepat. Bahan bahan yang di  gunakan adalah batu, pasir, kerikil, tempurung kelapa, arang sekam padi, tanah liat, ijuk, bijibkelor dan lain lain, manyiapkan penampungan air bersih.

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1. - Menambah pengetahuan dan wawasan
    - Melatih kemampuan dalam berorganisasi dan bertanggung jawab terhadap segala pilihan yang
       telat di buat
    - Meningkatkan kemampuan dalam analisan dan berpikir
2. - Membuka perpustakaan keliling agar minat baca pada anak anak kembali meningkat
    - Mengadakan bazaar buku murah
    - Megadakan acara perlombaan seperti cerpen, novel,karya tulis dan lainnya
3. - Menjadi pemalas
    - Rendah dalam kemampuan berpikir
    - Tidak banyak pengetahuan atau ilmu yang dimiliki, membuatnya susah berkomunikasi serta
      bertukar pikiran tentang ilmu
   - Menjadi cuek dan apatis terhadap  hubungan sosial.

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. -Pekerja akan mengabaikan kegiatan produksi, sehingga mengakibatkan penurunan kuantitas serta
     kualitas. Hal ini juga berdampak pada demonstrasi yang juga membuat pekerja akan absen dari
     pekerjaannya.
   -Apabila hal tersbeut berlangsung lama maka akan berdampak pada kebangkrutan perusahaan
2. Mencari eceng gondok dan memotong batang tanaman tersebut  sepanjang, cari yang berukuran besar dan agak tua agar ikatan atau anyaman dari eceng gondok kuat. . lalu jemur di sinar matahari secara langsung agar mengering. anyam eceng gondok sesuai selera ingin dibentuk menjadi kerajinan apa. setelah itu beri pengawet agar kerajinan tersebut tetap awet
3. Eceng gondok menjadi tas. karena fashion menjadi salah satu kebutuhan sandang yg tidak akan pernah surut akan konsumennya. sehingga trend tas yg terbuat dari eceng gondok akan memiliki nilai jual yg tinggi dan banyak peminat.

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Virus Corona

Cara Mengatasi Cemas dan Stres Sesuai Anjuran Islam | Republika Online


TIPS EFEKTIF MEREDAM KECEMASAN BERLEBIH AKIBAT  VIRUS CORONA

             Virus Koroma saat ini menjadi pandemi yang sangat mengancam banyak nyawa di seluruh dunia. Bagaimana tidak, kasus ini bahkan menjadi kasus yang sering menjadi pemberitaan di setiap media seperti daring, televisi, cetak di ranah nasional maupun internasional. Jumlah pasien yang dinyatakan positif serta korban yang meninggal dunia atas virus ini juga semakin bertambah setiap harinya. Namun, dibalik itu pasien yang sembuh dari virus ini juga menunjukkan kabar yang kian membaik karena pelayanan kesehatan yang optimal. Saat ini, Jumlah pasien kasus corona di dunia, hingga Jumat (3/4/2020) pukul 15.47 WIB mencapai 1.018.845 kasus. Angka ini bertambah lebih 77.000 kasus sejak Kamis sore pukul 15.49 WIB. Kemarin sore, kasus yang terkonfirmasi berada di angka 938.565. Dari 1.018.845 orang yang positif terinfeksi Covid-19, 53.292 di antaranya meninggal dunia dan 213.524 telah dinyatakan sembuh. Terdapat 204 negara dan wilayah di seluruh dunia yang telah melaporkan Covid-19. Sedangkan di Indonesia, menurut informasi yang diambil dari Satgas Covid-19 menunjukkan bahwa korban dari virus ini mencapai 1.986 kasus positif, pasien dinyatakan sembuh sekitar 134, dan korban meninggal dunia sebanyak 181 orang.

              Peningkatan jumlah kasus Corona di tanah air tak bisa dipungkiri akan meningkatkan kekhawatiran dan kepanikan bagi kalangan masyarakat. Sebagai contohnya ditandai dengan pembelian masker hingga sembako secara ekstrem. WHO sendiri telah memberikan peringatan agar tidak bersikap tenang dalam menghadapi pandemi ini dan membiasakan diri untuk mempraktikkan kebiasaan kebersihan dasar dengan baik seperti mencuci tangan dengan sabun, serta etika dalam menutup mulut ketika sedang batuk. Terbangun dengan keadaan cemas akan menjadi rutinitas warga negara Indonesia. Instruksi untuk melakukan social distancing dan work from home sudah di galakkan oleh pemerintah negara Indonesia. Informasi untuk pencegahan virus Corona ( Covid-19 ) memenuhi media massa. Berita palsu yang makin sulit di pilih guna kebutuhan lnformasi. Berita ini malah memberi blunder pada masyarakat sendiri. Mungkin warga masih cukup lnformasi, tapi bagaimana warga yang tidak cukup informasi? Tentunya ini juga berdampak buruk untuk warga sendiri. Berita tentang virus Corona memang betul - betul membordir kehidupan kita. Secara psikologis, bombardir berita virus corona akan mempengaruhi kesehatan mental kita. Sekarang banyak sekali sekolah yang diliburkan karena virus corona, tetapi pihak sekolah yang bersangkutan tetap memberikan tugas kepada anak - anak didiknya. Walaupun dikasih tugas anak - anak tidak mengeluh untuk mengerjakan tugas tersebut. Kecemasan tantang virus Corona memang menyakitkan. Virus Corona yang sedang dibicarakan oleh banyak pihak, tak hanya menjadi topik di media massa. Paparan berita secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi psikologi. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kecemasan berlebih atas merebaknya wabah virus Korona yaitu:

1. Mencari tahu fakta tentang Virus Covid-19
Mencari tahu atas latar belakang, gejala, serta asal muasal atas virus ini akan mengurangi kecemasan berlebihan terhadap virus ini. Selain itu, mengetahui tentang cara penanggulangan virus agar tidak menular ke tubuh kita, penanganan pasien yang terindikasi terkena virus tersebut juga akan membuat menjadi lebih tenang. Karena melalui ini setidaknya kita bisa mewaspadai diri atas virus tersebut.
2. Fokus terhadap sesuatu yang bisa untuk dikendalikan
Hal ini menjadi sulit ketika kita dalam kondisi yang serba panik dan segala sesuatu yang terjadi menjadi begitu chaos/susah untuk dikendalikan. Hal ini menjadi sulit diterima sehingga membuat seseorang akan terus menerus mencari jawaban sampai memunculkan coronaphobia. Rasa penasaran yang muncul dan berlebih akan membuat kita melakukan tindakan di luar kendali. Sehingga hal seperti menjaga kesehatan tubu, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, serta menghindari belanja barang yang tidak penting menjadi satu hal yang cukup berguna bagi pengendalian diri.
3. Menjaga hubungan dengan teman dan keluarga
Akibat dari karantina mandiri dan physical distancing menjadi salah satu akar masalah timbulnya kecemasan pada diri kita, kesepian akibat isolasi ini akan memperparah kondisi mental seseorang. Sehingga menjaga hubungan keluarga menjadi kunci agar terhindar dari segala bentuk kecemasan. Saling mendukung dan menenangkan menjadi senjata yang ampuh untuk tetap dalam pikiran yang sehat.
4. Selektif dalam menyaring informasi
Saat ini, ada banyak sekali berseliweran pesan atau berita dari media yang tidak bisa dipercaya yang memberikan informasi hoax, serta berlebihan dalam penanganan Covid-19. Tidak sedikit pula, banyak orang yang menelan mentah-mentah informasi tersebut sehingga banyak orang terperdaya dan menimbulkan kepanikan luar biasa tanpa mencari tahu dulu sumber atas tulisan tersebut. Maka, melihat kasus sedemikian rupa, pilihlah media yang kebenarannya bisa dibuktikan atas data yang ada.

Tugas : Sabtu 14 Maret 2020
Menulis Fabel


Onta yang Cerdik

Alkisah, pada jaman dahulu kala, Sang Unta bisa berbicara dengan manusia, suatu hari Sang Unta diajak majikannya pergi mengembara, melintasi gurun gurun gersang yang sangat panas pada siang hari dan dingin menusuk pada malam hari.
Malam itu, Sang Unta tidur di luar tenda, sedangkan majikannya tidur nyenyak di dalam.
Tengah malam, Sang Unta membangunkan majikannya, dia bilang : ” Tuan, saya kedinginan, ijinkanlah saya menitipkan UJUNG KAKI saya masuk ke dalam tenda”.
Sang majikan tidak keberatan, ujung kaki tidak akan mengganggu dia sama sekali. Satu jam kemudian, Sang Unta kembali berkata :”Tuan, saya sangat kedinginan, ijinkanlah KAKI DEPAN saya berada dalam tenda agar besok bisa kuat berjalan membawa tuan di atas punggung saya”.
“Benar juga”, pikir si majikan, maka dia kembali memberikan ijinnya.
Satu jam kemudian Sang Unta berkata :”Hidung saya mulai ber-air, besok saya akan sakit dan tidak bisa membawa Tuan di atas punggung saya, ijinkanlah KEPALA saya berada dalam tenda, saya rasa besok saya akan kuat kembali “.
Begitulah jam demi jam, hingga akhirnya pada pagi harinya Sang Unta sedang tidur nyenyak di dalam tenda sedangkan tuannya menggigil kedinginan di luar tenda.
Kisah Sang Unta di atas selalu kami ingat bahwa untuk menawarkan sesuatu kepada calon pelanggan memerlukan suatu perjuangan dan masa ‘inkubasi’ serta kecerdikan.
Banyak salesman, agent asuransi, brooker rumah, dan profesi pemasaran lainnya yang selalu lupa bahwa FOLLOW UP adalah kunci untuk mencapai sebuah keberhasilan.

HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
23

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

91
100

Nilai / Kategori
91 x 100 / 100
91 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002

 

0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm