468x60 Ads



E-Portofolio. MAULIDIA WULANSARI. Kelas 7B

Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1. Cara melestarikan peninggalan sejarah : menjaga kebersihan di sekitar peninggalan sejarah yang berupa tempat seperti masjid
monumen dan candi.
Cara melindungi peninggalan sejarah : menjaga peninggalan sejarah agar tetap aman dan terjaga kebersihannya.
2. Maksudnya adalah laut merupakan tempat dimana kita bisa menikmati pemandangan dan merasakan keindahan alam bebas.

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi Ronggowarsito

1. Karena pemerintah kolonial menekan petani dengan memaksa menanam hasil komoditas yg seluruhnya harus disetorkan kepada pemerintah

2. -memeberikan kesempatan kepada orang asing untuk menggali peradaban dimasa lampau.
    -menawarkan mereka bekerja sama dengan ahli dari pihak lokal atau dari Indonesia.
    -belajar penelitian tentang peradaban di masa lampau dari orang asing
   -kita harus mencegah orang asing tersebut untuk mengambil peninggalan peradaban masa lalu, sebab itu adalah harta Indonesia yg harus dilestarikan /dijaga.

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1) Saya mempromosikan makanan tersebut kepada orang asing, apabila tampilan kurang menarik. Saya akan membuat makanan tersebut menjadi menarik dan di-modernkan. Sehingga orang asing tersebut berkenan mencoba makanan asing tersebut

2) Saya pernah mencoba berbagai kuliner misalnya adalah rendang dari Sumatera Barat. Menurut saya, rendang memiliki resep turun temurun hingga rasa, kualitas dan keunikannya masih terjaga dengan baik sehingga masih banyak yang berkenan. Apalagi rendang mulai diinovasikan menjadi berbagai hal.

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Nusantara

1. Memudahkan pertukaran informasi komunikasi dan interkoneksi antar manusia
    Adanya layanan jual beli melalui internet

2. Barang siapa hendak bertanya
    Maka tanyalah pada ahlinya

    Barang siapa mencari ilmu
    Maka carilah ke para guru

    Jika belajar besungguh-sungguh
    Keberhasilan akan kau rengkuh

3. Tekadnya untuk membela negara,rela mempertaruhkan nyawa demi bangsa dan generasi, serta pantang menyerah,juga memiliki semangat juang yang sangat tinggi agar mencapai Indonesia.

4. Berani membela negara tanpa pantang menyerah dan menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur.

Rabu, 22 April 2020
Tradisi Lenggang Nyai

1) keunikan tari lenggang      nyai adalah perpaduan unsur budaya cina dan betawi dlam busana yg dikenakan. Biasanya busana  penari lenggang nyai  menggunakan warna terang, selain itu  di bagian kepala terdapat mahkota yg identik dengan budaya cina.

2) -pola lantai tradisional adalah tari yang  menggunakan pola lantai mudah  tp kuat.
    -pola lantai kreasi adalah tari yg terdiri dari gabungan tari yang di buat oleh kita sendiri.

3) tari lenggang nyai adalah salah satu tarian khas jakarta yang diambil dari sebuah cerita rakyat. Banyak pesan dan makna yang ingin disampaikannya melalui tarian ini, terutama pesan mengenai kebebasan wanita, tarian ini pun sering kali ditampilkan  dalam berbagai acara di Jakarta.
Nama tari lenggang nyai sendiri berasal dari “lenggang"yg berarti "menengok -lenggok " dan kt"nyai"yg di ambil dari cerita rakyat Nyai Dasima
Menurut sejara, Tari Lenggang  Nyai ini di ciptakan oleh Seniman tari dari Yogyakarta.


Jumat 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1. A. Menjaga keasrian tempat wisata alam tersebut.
    B. Menjaga dan merawat wisata alam agar tetap bersih dan bagus.

2. A. Membuatkannya museum agar lebih memudahkan kita dalam hal merawat dan menjaga situs
         bersejarah tersebut, serta membuatkan peraturan yang berisikan sanksi sanksi apabila ada
         masyarakat yang melanggar serta menentang peraturan tersebut.

    B. Merawat dan menjaga agar menjadi lebih terkenal sampai keluar negri, dan jangan sampai di
         rusak oleh orang tak ber tanggung jawab.

Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1. Sebelum era Islam, Kerajaan Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan. Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerjaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi, diutuslah seorang bernama Sabakingking (kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten Pucuk Umun.
Setelah kedua pihak beradu kesaktian ilmu, takluklah Kerajaan Banten pimpinan Pucuk Umun hingga sang raja pun bersedia pergi ke Mekkah untuk belajar agama Islam dan semenjak saat itu, wilayah kerajaan Banten mendapuk Sabakingking atau Sultan Maulana Hasanudin sebagai pemimpin kesultanan Islam baru yang terpisah dari otoritas ayahnya, Sunan Gunung Jati atau Sulatn Syarif Hidayatullah di Kesultanan Cirebon.
2. Makna dari tumpak tiang Masjid Agung Banten berbentuk labu yakni hasil pertanian labu yang makmur di zaman Sultan Maulana Hasanudin abad ke-16, sehingga hasil pertanian labu tersebut menjadi sebuah lambing kebanggaan kemakmuran pada masa tersebut. Sedangkan 24 tiang yang terdapat di Masjid Agung Banten bermakna jumlah waktu pada satu hari penuh (24 jam) dan lima tiang kayu di ujung atas dalam masjid mengandung artian kewajiban sholat lima waktu. Dengan begitu, maknanya adalah ibadah sholat wajib 5 kali dalam sehari (24 jam).
3. Bangunan Masjid Agung Banten, khususnya menara di masjid tersebut merupakan wujud nyata akulturasi dari budaya seni ragam hias yang terdapat di Pulau Jawa yakni tumpak (segitiga memanjang) di kepala menara, sedangkan bangunan menara sendiri bukan bangunan yang lazim melengkapi masjid pada kala itu dan menara merupakan pengaruh dari kebudayaan Belanda.

Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1. Kalimantan dan Papua

2. Erupsi gunung api terjadi karena adanya pergerakan magma dari dalam perut bumi yang berusaha keluar ke permukaan bumi, saat erupsi terjadi muncul getaran getaran yang kita ketahui sebagai gempa bumi. erupsi juga bisa terjadi karena peningkatan gempa vulkanik, suhu kawah meningkat drastis yang ditandai dengan naiknya magma dan mencapai lapisan kawah paling bawah, lempeng bumi yg saling menekan. semakin besar tekanan dan volume magma maka akan semakin kuat ledakan gunung api yg terjadi.

3. Awan panas bisa mencapai suhu hingga 600 derajat celcius, awan panas bermuatan bebatuan dan material vulkanik padat. Material yang terkandung di awan panas itu bentuknya serpihan halus dan ringan. Angin bisa membawa awan panas ini sejauh puluhan bahkan ratusan kilometer dari asalnya. Awan panas bergerak ke segala arah. Awan panas dapat mematikan semua yang dilewatinya. Manusia yang bernapas di bawah awan panas bisa mengalami kerusakan sistem pernapasan dan paru-paru. untuk itu, ketika terjadi gunung meletus penduduk di sekitar lokasi diminta evakuasi menjauhi gunung.

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Berbeda. filosofi batik dari setiap daerah memiliki keunikan, kekhasan, serta makna yang berbeda. hal tersebut ditandai karena adanya perbedaan sejarah asal usul wilayah tersebut, perbedaan kondisi geografis misal daerah yg berbatasan dgn laut akan memiliki corak atau motif yg berhubungan dengan khidupan laut seperti kerang, ikan, pohon kelapa. dan apabila berbatasan dengan pegunungan maka akan berkaitan dgn kondisi alam pegunungan sekitar, motif batik juga dipengaruhi sifat dan tata penghidupan daerah, kepercayaan dan adat di suatu daerah, serta keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna sehingga dalam pemaknaannya memiliki filosofi yang berbeda.

2.Corak Batik Parang memiliki Falsafah yaitu hanya Raja dan kerabatnya saja yang boleh memakai Batik Parang tersebut. Inilah yang menjadikan motif Batik Parang yaitu besar dan kecilnya yang memiliki arti status sosial dari pemilik Batik Parang tersebut. Corak Batik Truntum memiliki falsafah cinta yang tumbuh kembali, cinta yang abadi, tulus serta semakin lama semakin bertumbuh. Corak Batik Truntum ini sering dipakai oleh orang tua pengantin saat acara pernikahan. Hal ini memiliki makna Bahwa Cinta yang semakin bertumbuh akan terjadi dan dimiliki oleh kedua mempelai.

3. Cara mengajarkan keterampilan membatik kepada teman agar batik menjadi keterampilan yang smakin diminati adalah:
-mengenalkan berbagai jenis batik dari berbagai daerah yang memiliki keunikan dan ciri khas batik tersebut.
-mengajarkan kepada teman sebaya tentang mmbuat keterampilan batik dari daerahnya dengan sabar, ulet, tekun, agar bisa menghasilkan kreasi batik yang cantik
-menunjukkan kreasi batik yang di buat oleh orang orang dengan cantik, kreatif dan unik
-menunjukkan pengusaha batik yang sudah sukses dibidangnya agar kita bisa mengambil pelajaran ttg ketekunan, kesabaran dan kerja keras yang dimilikinya.


Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutrdaraan dan Produksi Artistik

1. Jika sayan akan membuat film pendek, yang harus diperhatikan agar film bagus antara lain:   
a. Miliki smarthpone yang memiliki kamera yang bagus 
b. Memiliki aksesoris tambahan seperti lensa, tripod, lighting dan mikrofon.      
2. Penata aristik merupakan kreator yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film.       
Perancangan aristik memiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, dan budgeting.

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Kerihun

1. Setuju karena Kalimantan merupakan satu diantara beberapa tempat di Indonesia yang memiliki banyak flora dan fauna yang beragam.selain itu,flora dan fauna tersebut termasuk langka dan unik.
2. Ekosistem di sekelilingnya akan berdampak atau berpengaruh ketika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar .dimana hilangnya kesuburan tanah yang mengakibatkan tanah menyerap sinar matahati terlalu banyak ,sehingga menjadivkering dan gersang.

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1. Orang orang banyak membuang sampah di sungai, pembuangan limbah pabrik secara sembarangan tanpa harus di olah terlebih dahulu, pemakaian di terjen secara berlebihan dan di buang ke sungai
2. Menasehati orang orang yang membuang sampah secara sembarangan ke sungai, pemerintah harus membuat kebijakan agar semua orang sadar saat membuang limbah ke sungai, melakukan reboisasi di sekitar bantaran sungai.
3. Membuat pipa penyaringan, membuat penampungan air kotor, membuat penyaring air yang berisi lapisan bahan penyaring dengan urutan yang tepat. Bahan bahan yang di  gunakan adalah batu, pasir, kerikil, tempurung kelapa, arang sekam padi, tanah liat, ijuk, bijibkelor dan lain lain, manyiapkan penampungan air bersih.

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1. - Menambah pengetahuan dan wawasan
    - Melatih kemampuan dalam berorganisasi dan bertanggung jawab terhadap segala pilihan yang
       telat di buat
    - Meningkatkan kemampuan dalam analisan dan berpikir
2. - Membuka perpustakaan keliling agar minat baca pada anak anak kembali meningkat
    - Mengadakan bazaar buku murah
    - Megadakan acara perlombaan seperti cerpen, novel,karya tulis dan lainnya
3. - Menjadi pemalas
    - Rendah dalam kemampuan berpikir
    - Tidak banyak pengetahuan atau ilmu yang dimiliki, membuatnya susah berkomunikasi serta
      bertukar pikiran tentang ilmu
   - Menjadi cuek dan apatis terhadap  hubungan sosial.

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. -Pekerja akan mengabaikan kegiatan produksi, sehingga mengakibatkan penurunan kuantitas serta
     kualitas. Hal ini juga berdampak pada demonstrasi yang juga membuat pekerja akan absen dari
     pekerjaannya.
   -Apabila hal tersbeut berlangsung lama maka akan berdampak pada kebangkrutan perusahaan
2. Mencari eceng gondok dan memotong batang tanaman tersebut  sepanjang, cari yang berukuran besar dan agak tua agar ikatan atau anyaman dari eceng gondok kuat. . lalu jemur di sinar matahari secara langsung agar mengering. anyam eceng gondok sesuai selera ingin dibentuk menjadi kerajinan apa. setelah itu beri pengawet agar kerajinan tersebut tetap awet
3. Eceng gondok menjadi tas. karena fashion menjadi salah satu kebutuhan sandang yg tidak akan pernah surut akan konsumennya. sehingga trend tas yg terbuat dari eceng gondok akan memiliki nilai jual yg tinggi dan banyak peminat.

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Virus Corona

Pelajaran Penting dari Negara-Negara yang Berhasil dan Gagal Menghentikan Penyebaran Covid-19

Bukan armada perang nan megah yang akhirnya "menaklukkan" sepenjuru dunia. Peradaban manusia modern berlutut di depan virus yang tak kasat mata lagi superkecil itu. SARS-Cov-2 yang menyebar lebih di 100 negara telah mengganggu kehidupan sosial dan perekonomian secara global.
Beberapa negara sejauh ini berhasil mencegah penyebaran virus meskipun ada pula yang gagal. Sejumlah faktor penting menentukan keberhasilan atau kegagalan tersebut. Indonesia, sebagai negara yang baru belakangan diserang virus corona, sepatutnya melihat pengalaman negara lain sebagai sebuah pelajaran.
Tiongkok: Karantina Terbesar dalam Sejarah Manusia
Tiongkok mengawali penyebaran SARS-Cov-2 dengan sebuah kesalahan fatal. Negara dengan penduduk terbesar di dunia ini terlambat menyadari kehadiran virus tersebut. Padahal, informasi terpenting dalam mencegah penyebaran adalah mengetahui "pasien zero" atau orang pertama yang menyebarkan virus. Cara ini terbukti efektif dalam menelusuri riwayat perjalanan virus sebagaimana halnya wabah SARS terdahulu. 
Keteledoran Tiongkok sebenarnya amat bisa dipahami. Kasus Covid-19 bermula dari sana, diperkirakan merebak di Wuhan pada November 2019. Belum ada kasus serupa sebelumnya di dunia kecuali SARS pada 18 tahun silam. Virus corona akhirnya terdeteksi pada awal Desember 2019.
Dalam dua sampai tiga pekan sebelum terdeteksi, virus menyebar dalam senyap. Ketika pertama kali disadari, celakanya, pemerintah Tiongkok masih berupaya menutupinya.
Pada akhir Januari 2020, hampir dua bulan setelah virus menyebar, puluhan ribu orang terinfeksi dan ribuan lainnya meninggal dunia. Tiongkok mengambil langkah ekstrem. Negara komunis itu menerapkan karantina terbesar dalam sejarah manusia. Sebanyak 20 provinsi dengan 780 juta jiwa atau setengah penduduk negara dibatasi pergerakannya. Penduduk diisolasi di rumah masing-masing. Sepanjang enam pekan, wilayah-wilayah tersebut bak kota mati (The Wall Street Journal, artikel, 2020).
Pemerintah Tiongkok kemudian membangun fasilitas layanan medis dalam waktu supercepat. Keberadaan rumah sakit khusus Covid-19 ini sangat membantu mengurangi korban jiwa. Kebijakan tersebut terbukti berhasil meredam invasi virus corona di Tiongkok. Ketika negara-negara yang lain baru mengawali "peperangan" melawan corona, Tiongkok justru sudah melewatinya.
Langkah mengarantina wilayah secara ekstrem serta membangun rumah sakit khusus mendapat pengakuan dunia. Sebuah keberhasilan yang epik setelah rentetan kesalahan fatal.
Korea Selatan: Tes Besar-Besaran "Virus Iblis"
"Pasien zero" virus corona di Korea Selatan adalah seorang perempuan 61 tahun. Ia merupakan anggota kelompok gereja Kemah Kesaksian, sebuah sekte yang disebut sesat oleh aliran mayoritas Kristen.
Gereja ini tidak menghiraukan imbauan pemerintah Korsel yang melarang pertemuan yang melibatkan massa. Mereka justru menganggap virus corona adalah perbuatan iblis menjelang hari kiamat sehingga harus dilawan dengan beribadah. Akibatnya fatal. Bermula dari jemaat di gereja ini, Korsel mendeteksi 7.689 penduduk terinfeksi. Sebanyak 66 di antaranya meninggal dunia sebagaimana ditulis Reuters.
Walaupun merebak dengan cepat, Korsel tidak mengambil kebijakan lockdown sebagaimana yang Tiongkok lakukan. Negara ini berpendapat, kunci mencegah penyebaran virus adaalah deteksi dini.
Korsel akhirnya membangun fasilitas pengujian gratis yang mudah diakses seluruh masyarakat. Kebijakan ini juga tidak lepas dari kelonggaran izin kepada perusahaan farmasi Korsel membuat alat tes virus corona. Hanya dalam tiga pekan, ratusan lokasi uji corona dengan konsep drive-through dibangun. Konsep ini terinspirasi dari pemasaran makanan cepat saji.
Melalui fasilitas ini, pengemudi cukup berdiam diri di dalam kendaraan. Dari balik kaca mobil, petugas kesehatan berjubah hazmat mengambil sampel. Hasil tes diketahui beberapa jam kemudian dan tercatat di data Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Korsel. Cara pengujian seperti ini membuat orang-orang tidak perlu mengantre secara terbuka maupun berkontak langsung dengan pekerja medis (South Korea Pioneers Coronavirus Drive-Through Testing Station, 2020). 
Hanya dalam sebulan, 220 ribu penduduk Korsel telah diuji. Cara ini terbukti efektif mencegah penyebaran. Ukurannya jelas, tingkat kematian di Korsel 0,6 persen. Angka itu sangat rendah dibanding Italia, misalnya, yang mencapai 6 persen (Low Death Date Estimates for Virus, Especially for Non-elderly, Provide Glimmer of Hope, 2020).


Tugas : Sabtu 14 Maret 2020
Menulis Fabel

Sayangnya, di tengah laut, datanglah badai besar mengantam kapal itu. Kapal itu pun tenggelam.

Legenda Burung Hantu dan Camar 

Guli camar tinggal di sebuah pulau. Ia bersahabat dengan seekor burung hantu bernama Oli. Guli camar dan Oli burung hantu memiliki hobi yang sama. Mereka suka sekali mengumpulkan benda-benda mahal, lalu menjualnya pada burung-burung lain.
Pada suatu hari, Guli camar dan Oli burung hantu membuat rencana. Mereka ingin menjadi pedagang besar di negeri seberang. Agar bisa membeli banyak barang dagangan di negeri seberang, Oli meminjam uang pada temannya. Guli camar menyimpan beberapa permata mahal di sarangnya. Ia membungkus permata-permata itu untuk dibawa ke negeri seberang.
Guli burung camar dan Oli burung hantu lalu naik ke kapal besar. Kapal itu berlayar ke negeri seberang mengarungi lautan luas.
Sayangnya, di tengah laut, datanglah badai besar mengantam kapal itu. Kapal itu pun tenggelam. Untunglah Guli camar dan Oli burung hantu berhasil selamat, walau uang Oli dan permata-permata Guli ikut tenggelam bersama kapal.
Guli camar dan Oli burung hantu terpaksa terbang ke pulau terdekat. Sejak saat itu, Oli burung hantu takut keluar di siang hari. Ia takut, teman yang memberinya pinjaman uang akan mencarinya. Sementara Guli camar selalu berada di sekitar laut. Ia berharap ombak-ombak laut akan mengembalikan batu-batu permata miliknya yang tenggelam. 
HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
23

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
-

25

Jumlah Skor

68
100

Nilai / Kategori
  68 x 100 / 100
  68 / D

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002




 

0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm