468x60 Ads



E-Portofolio. ASHIILAH SRI RAHAYU. Kelas 7A

Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#



Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1.Cara menjaga, melindungi, dan memanfaatkan peninggalan bersejarah atau situs bersejarah yang ada di tempat saya adalah :
a. Dengan menaati peraturan yang terdapat pada peninggalan bersejarah atau situs bersejarah itu, seperti tidak mencorat-coret, tidak mengambil benda-benda yang terdapat di situs, bersikap hati-hati di sekitar situs agar tidak merusak, dan lain-lain.
b. Mempelajari peninggalan bersejarah atau situs bersejarah tersebut agar lebih menghargainya.
Menyadari sepenuhnya bahwa peninggalan bersejarah atau situs bersejarah itu sangat berharga hingga apabila rusak atau hilang tidak akan bisa tergantikan.

2. Menurut saya, maksud ungkapan "Laut adalah halaman rumah bagi kami" adalah laut merupakan tempat di mana kita bisa menikmati pemandangan dan merasakan keindahan alam bebas.

Ungkapan lain yang menandakan kekaguman pada alam adalah "Bukan lautan hanya kolam susu, kail dan jala cukup menghidupimu, tiada badai tiada topan kau temui, ikan dan udang menghampiri dirimu, orang bilang tanah kita tanah syurga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman".

Ungkapan lainnya: Hutan Indonesia lebat seperti rambutku.

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1.Memberikan kesempatan kepada orang asing tersebut untuk menggali peradaban di masa lampau. Biasanya, orang asing memiliki kemampuan yang lebih dalam penelitian masa lampau manusia. Untuk itu, berikan kesempatan kepada mereka, dan tetap awasi apabila mereka melakukan hal tersebut dengan tujuan yang tidak baik.

2.Menawarkan mereka bekerjasama dengan ahli dari pihak lokal atau dari Indonesia. Ini ditujukan agar orang asing tersebut mampu mendapatkan informasi maksimal mengenai peradaban di masa lampau Indonesia.

3.Belajar penelitian tentang peradaban di masa lampau dari orang asing. Biasanya mereka mempunyai kemampuan penelitian yang sangat tinggi dalam memecahkan peradaban di masa lampau. Untuk itu, berkontribusilah dengan mereka, dan gali ilmunya pada orang asing tersebut.


Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1. Cara memperkenalkan kuliner Nusantara kepada orang asing adalah dengan mengajak orang asing itu mencicipi kuliner Nusantara dengan cara yang menarik, seperti dengan mengemukakan rasa dari kuliner tersebut, cara pembuatannya, dan bahan-bahan yang digunakan.

2. Pernah contohnya sate padang .
Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Indonesia

1.Pendidikan saat ini berubah menjadi pendidikan berbasis digital. Hal ini mempermudah siswa untuk mencari cara dalam mengakses pembelajaran lebih mudah melalui digital tanpa harus menggunakan buku atau alat tulis.

Materi pembelajaran diberikan melalui vidio atau secara online. Sehingga dapat mempermudah siapapun untuk mengakses dan dapat mengurangi pemborosan jumlah kertas.

2. Apabila hendak menjadi penguasa
    Maka harus bisa bersikap bijaksana

    Barang siapa yang suka menunda
    Niscaya dia kehilangan

    Belajarlah dikala muda
    Supaya senang dikala tua

3. Saya mendapatkan meneladani sikap tanggung jawabnya, pantang menyerah, bekerja sama,
    semangatnya dan segala sikap yang baik dari para tokoh tokoh tersebut.

4. Mereka sama sama berjuang melawan penjajah
    Mereka sama sama berjuang untuk negara
    Mereka sama sama berkorban demi bangsa

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

1. Perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi adalah pada jenis pola lantainya. Jenis pola lantai tari tradisional adalah vertikal, horisontal, dan diagonal. Sedangkan jenis pola tari kreasi adalah memiiki jenis pola lantai yang bervariasi, seperti zigzag, segi empat, menyilang, dan lain-lain.

2. Keunikan Busana Tari Lenggang Nyai yang Merupakan Perpaduan Budaya Betawi dan Tiongkok. ... Gerakan dalam tarian ini melambangkan semangat dan kelincahan dari Nyai Dasimah.

3. Tari Lenggang Nyai dikatakan bersumber dari cerita rakyat, yaitu cerita rakyat dari Betawi, yaitu Nyai Dasimah. ... Adanya aturan-aturan yang dibuat suaminya membuat Nyai Dasimah merasa terkekang. Merasa hak-haknya sebagai perempuan di rampas, Nyai Dasimah memutuskan untuk memberontak dan memperjuangkan kebebasannya.


Jumat, 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

1. Menurut saya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :

   - Melestarikan dan menjaga wisata alam yang kita miliki.

   - Giat mempromosikan wisata alam tersebut ke media sosial agar orang lain tertarik untuk
     berkunjung.

  - Memusatkan wisata alam tersebut menjadi wisata andalan daerah sehingga orang akan
    tertarik.Semakin banyak orang yang berkunjung, semakin bagus dampaknya kepada masyarakat
    sekitar wisata tersebut.

  - Bekerja sama kepada warga sekitar untuk turut serta memelihara dan merawat wisata tersebut.

2. Jika saya adalah pemimpin di suatu daerah hal yang saya lakukan untuk melestarikan situs situs 
    sejarah adalah

  - Mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dalam memelihara dan menjaga situs
    berseja

Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1.Sebelum era Islam, Kerajaan Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan. Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerjaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi, diutuslah seorang bernama Sabakingking (kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten Pucuk Umun. Setelah kedua pihak beradu kesaktian ilmu, takluklah Kerajaan Banten pimpinan Pucuk Umun hingga sang raja pun bersedia pergi ke Mekkah untuk belajar agama Islam. Semenjak saat itu, wilayah kerajaan Banten mendapuk Sabakingking atau Sultan Maulana Hasanudin sebagai pemimpin kesultanan Islam baru yang terpisah dari otoritas ayahnya, Sunan Gunung Jati atau Sulatn Syarif Hidayatullah di Kesultanan Cirebon.

2.Makna dari tumpak tiang Masjid Agung Banten berbentuk labu yakni hasil pertanian labu yang makmur di zaman Sultan Maulana Hasanudin abad ke-16. Sehingga hasil pertanian labu tersebut menjadi sebuah lambing kebanggaan kemakmuran pada masa tersebut. Sedangkan 24 tiang yang terdapat di Masjid Agung Banten bermakna jumlah waktu pada satu hari penuh (24 jam). Kemudian lima tiang kayu di ujung atas dalam masjid mengandung artian kewajiban sholat lima waktu. Dengan begitu, maknanya adalah ibadah sholat wajib 5 kali dalam sehari (24 jam).

3.Bangunan Masjid Agung Banten, khususnya menara di masjid tersebut merupakan wujud nyata akulturasi dari budaya seni ragam hias yang terdapat di Pulau Jawa, yakni, tumpak (segitiga memanjang) di kepala menara. Sedangkan bangunan menara sendiri bukan bangunan yang lazim melengkapi masjid pada kala itu dan menara merupakan pengaruh dari kebudayaan Belanda.

Rabu, 30 April 2020
Vulkanologi

1. Kedua pulau besar tersebut yakni Kalimantan dan Papua. Diketahui, Indonesia berada di pertemuan lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Hal ini membuat Indonesia memiliki banyak gunung berapi.

2. Gunung api meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. ... Hasil letusan gunung berapi berupa: gas vulkanik, lava dan aliran pasir serta batu panas, lahar, tanah longsor, gempa bumi, abu letusan, awan panas.

3. Alasan tidak diperkenankan mendekat ketika awan panas menyembur dari erupsi gunung api karena awan panas yang menyembur dari erupsi gunung api sangat tebal.Ketebalannya bisa mencapai 30 sampai 50 meter bahkan ada yang mencapai 220 meter.

Awan panas ini bergerak sangat cepat dengan kecepatan 30 meter/detik bahkan bisa mencapai 200 meter/detik.

Awan panas ini juga membawa suhu yang sangat panas mencapai 350 derajat celius sampai 1075 derajat celcius yang mengandung gas flour, belerang, H2S (gas asam), magnesium serta kalium yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Filosofi batik di luar Jawa SAMA dengan batik yang berasal dari Jawa, yaitu tentang kehidupan.
2. Falsafah batik Parang adalah tentang kehidupan, ada yang senang ada yang susah. Sedangkan
    falsafah batik Truntum adalah tentang kehidupan, di dalam gelap ada cahaya yang menerangi.
3. Cara saya adalah mengajari cara membuat batik dan membuat hasil dari karyanya menjadi pakaian.

Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

1. Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?

2. Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?

3. Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik.
Jawab:

1.Menurut saya sebuah film akan diminati penonton tergantung pada sutradara karena seorang sutradara sudah mulai bekerja sejak tahap pra produksi, bahkan kadang-kadang sejak ide tersebut pertama kali muncul.
Bisa dibilang dialah yang mengarahkan semua tahan-tahap pembuatan film. Untuk menjadi seorang sutradara dibutuhkan kreatifitas, keuletan, dan kemampuan untuk mendorong tim untuk bekerja yang terbaik.
Seorang sutradara terlibat sejak awal masa persiapan syuting, selama syuting, hingga editing selesai dan film siap ditayangkan.
Oleh karena itu, peran sutradara dalam sebuah produksi film menjadi yang paling penting di antara kru film yang lain.

2.Bila saya membuat film pendek menggunakan gawai atau gadget seperti smartphone, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tata artistik film menjadi bagus, yaitu :
* Memilih Smartphone yang bagus
* Aksesori tambahan seperti lensa, tripod, lighting, dan mikrofon
* Edit Film Langsung dari Smartphone.

3.Penata artistik merupakan kreator yang berusaha mewujudkan fantasi dan kreasi dalam setiap setting sesuai kebutuhan cerita film.
Perancang artistik memiliki jangkauan kerja yang lebih luas, menyangkut konsep, jadwal, dan budgeting.
Namun dalam produksi skala kecil, 2 peran ini sering digabungkan. Pekerjaan artistik dilaksanakan oleh sebuah tim di antaranya terdiri dari :
•Asisten penata artistik
* Juru gambar
* Ahli gambar
* Pembuat model
* Property
* Kepala konstruksi
* Special effect
* Kostum
* Make up.

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Kerihun

1. Setuju. Karena pohon-pohon yang mendiami hutan kalimantan cenderung besar dan tinggi. Selain
    itu hutannya juga menjadi salah satu paru-paru dunia yang memberikan oksigen keseluruh dunia.
2.-Tanah akan kehilangan kekuatannya sehingga bila hujan lebat turun, maka akan terjadi banjir dan
     longsor.
   -Flora dan fauna lain akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan, sehingga lambat laun
    mereka akan punah.
   -Suhu udara di sekitarnya menjadi panas karena kekurangan oksigen.
3.-Karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka.
   -Tempat manusia bisa mencari sumber makanan seperti ikan dan kerang.
   -Menyediakan air yang melimpah. Kawasan lembah sungai juga menawarkan kesuburan tanah
    sehingga beragam tanaman mudah dijumpai.
   -Selain itu, pada masa bercocok tanam, air juga dijadikan sebagai sarana irigasi dan transportasi.

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi polusi air yaitu :
a)  melakukan reboisasi, melakukan pengelolaan limbah air
b) menggunakan detergen ramah lingkungan, menggunakan kompos atau pupuk organik
2. Tiga contoh aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya polusi air yaitu : limbah rumah
    tangga, penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan, dan air detergen bekas cucian.
3. Prosedur penjernihan air menggunakan biji kelor yaitu :
a) Bersihkan biji kelor dan pilih biji yang tidak berwarna coklat, lalu tumbuk sampai halus
larutkan 2 sendok biji kelor dalam 1 liter air, kemudian aduk sampai rata.
b) Saring larutan menggunakan kain serbet
c) Aduk secara cepat selama 2 menit dan pelan selama 10 menit
d) Biarkan selama 1 jam, kotoran pada air akan menempel pada bubuk biji kelor dan tenggelam ke dasar air
e) Tuang air yang bersih ke dalam wadah yang bersih.

Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1. Manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupan saya saat ini adalah saya dapat menjelajah dunia tanpa harus melintasi benua dan samudra. Dan juga saya dapat menambah wawasan tentang dunia luar tanpa perlu menjelajahi dunia.
2. Pendapat saya adalah menggalakkan program budaya membaca buku di sekolah dan memberikan tugas meringkas atau merangkumnya atau menceritakan kembali buku yang telah dibaca.
3. Dampak negatifnya adalah generasi muda Indonesia tidak menghargai keindahan sastra Indonesia dan kurangnya wawasan berbahasa yang baik dan benar.

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, maka dampak yang paling fatal dari hasil kerja adalah:
- Pekerja akan berhenti dari pekerjaannya.
- Hasil kerja menjadi buruk.
- Barang atau jasa tidak sesuai yang diinginkan.
2. Tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan adalah
-Dengan mengambil eceng gondok dari bagian bawah batang dengan tinggi minimal 30 cm, berukuran besar, dan agak tua.
-Setelah itu eceng gondok dijemur di bawah sinar matahari secara langsung selama 2-3 hari.
3. Saya akan membuatnya menjadi kerajinan tangan bunga hias
Alasan: karena saya bisa mengurangi tumbuhan eceng gondok yang mengganggu atau yang memenuhi kolam.

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Corona

 

Gejala Terinveksi Virus Corona

Seperti dilaporkan WHO, gejala umum yang ditunjukkan seseorang jika terinfeksi virus corona adalah demam, merasa mudah lelah, dan batuk kering.Namun, pada beberapa kasus infeksi, pasien virus corona juga ada yang mengalami pilek, sakit tenggotokan, hidung tersumbat, atau diare.Beberapa yang lain melaporkan kehilangan indra penciuman atau kemampuan untuk merasakan atau membaui sesuatu.Sekitar 80 persen penderita menunjukkan gejala ringan, hanya seperti flu biasa. Mereka ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa membutuhkan pengobatan khusus.National Health Service (NHS) menyebutkan gejala yang lebih spesifik, jika seseorang terinfeksi Covid-19, temperatur tubuhnya akan tinggi. Ini bisa dirasakan jika menyentuh bagian dada atau punggung.Selain itu, seseorang juga akan mengalami batuk yang terus-menerus.Mengingat belum ada obat atau vaksin yang ditemukan untuk mengobati penyakit ini, maka sejauh ini kasus Covid-19 yang berhasil disembuhkan sepenuhnya tergantung pada kekuatan sistem imun tubuh.


Tugas : Sabtu 14 Maret 2020
Menulis Fabel



Kancil dan Buaya

Meski selalu lolos dari kejaran buaya, namun lama-lama kancil merasa khawatir juga. Karena itu, ia pindah rumah ke daerah lain untuk menjauhi buaya. Ia tinggal dibawah sebuah pohon besar di hilir sungai. Awalnya buaya merasa bingung karena tidak melihat kancil di tempat biasanya. Maka ia pun mencarinya ke sana-kemari, bertanya kepada para hewan yang ditemuinya.
"Oh, kancil pindah ke pohon di dekat hilir sungai," kata burung kecil yang ditanya oleh buaya. Tentu saja buaya senang mendengar informasi itu. Segera saja ia pergi ke tempat yang dimaksud oleh si burung. Ia sudah tidak sabar lagi untuk memburu si kancil. Ia benar-benar merasa penasaran, ingin menikmati daging kancil yang sudah lama ia idam-idamkan. Setelah berhasil menemukan tempatnya, buaya pun pindah ke sana juga. Namun, kancil masih belum mengetahuinya.

Selama berhari-hari buaya mengawasi kancil. Ia mempelajari kebiasaan kancil seraya merancang strategi untuk menangkapnya. Dari pengamatannya itu, tahulah si buaya bahwa si kancil sering pergi ke sebuah pulau kecil yang ditumbuhi pohon-pohon apel di dekat tempat tinggal kancil. Untuk sampai ke sana, si kancil biasa menyeberang sungai dengan melompati beberapa batu besar yang ada di antara tempat tinggal kancil dengan pulau tersebut.

"Aku punya ide!" seru buaya. Ketika kancil pergi ke pulau kecil, buaya bersembunyi di balik batu di tengah sungai. Ia menunggu kancil melompat ke batu itu.

Selama berhari-hari buaya mengawasi kancil. Ia mempelajari kebiasaan kancil seraya merancang strategi untuk menangkapnya. Dari pengamatannya itu, tahulah si buaya bahwa si kancil sering pergi ke sebuah pulau kecil yang ditumbuhi pohon-pohon apel di dekat tempat tinggal kancil. Untuk sampai ke sana, si kancil biasa menyeberang sungai dengan melompati beberapa batu besar yang ada di antara tempat tinggal kancil dengan pulau tersebut.

Hening. Tidak ada jawaban. Kancil kemudian bertanya lagi. "Ada apa batu sahabatku? Biasanya kau menjawab sapaanku."
"Oh, jadi biasanya batu ini berbicara?" batin Buaya yang sedang berdiam diri di batu itu. "Kalau begitu aku harus pura-pura menjawabnya supaya kancil tidak curiga."
"Halo juga, kancil," jawab buaya.
Kancil terkikik dalam hati melihat kebodohan buaya. Lantas ia berkata, "Jadi kau ada di situ ya, Buaya? Tak kusangka, kau mengejarku sampai ke sini."

Buaya kaget. Rupanya penyamarannya sudah ketahuan. Sadarlah ia bahwa kancil telah mengakalinya. Ia benar-benar kesal dengan kebodohannya sendiri.
"Ya, aku mengejarmu ke sini karena ingin memakanmu!" sahut buaya, jengkel.

"Baiklah. Kali ini kau berhasil menjebakku," jawab kancil sambil mempersiapkan siasat berikutnya. "Bukalah mulutmu lebar-lebar agar aku bisa melompat ke dalamnya."
Kancil benar-benar cerdik. Ia tahu bahwa mata buaya akan tertutup saat buaya membuka mulutnya lebar-lebar. Dan sesaat setelah buaya membuka mulutnya, kancil segera melompat ke atas kepala buaya, lalu melompati batu batu lainnya dengan lincah, dan setelah tiba di tepi sungai segera memanjat pohon besar tempat tinggalnya.

Lagi-lagi selamatlah kancil dari kejaran buaya. Itu semua berkat kecerdasannya yang jauh melampaui buaya. Sementara buaya terpaksa gigit jari karena lagi-lagi gagal menangkap kancil yang sudah lama diincarnya.

Hikmah yang bisa diambil dari Cerita Fabel Dongeng Si Kancil Dan Buaya adalah
Orang yang cerdas dan berpengetahuan luas akan mudah menyelesaikan masalah-masalahnya dengan baik.  Sementara orang bodoh akan mudah kehilangan kesempatan-kesempatan berharga sehingga rugilah ia. Agar adik-adik semua menjadi anak yang cerdas dan berpengetahuan luas, adik-adik harus banyak membaca dan belajar.
HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
23

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
21

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

90
100

Nilai / Kategori
90 x 100 / 100
90 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002




 










0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm