468x60 Ads



E-Portofolio. ABDUL KHOLIQ RIZKI PRATAMA. Kelas 7B

Tugas : Sabtu 2 Mei 2020
Membuat Poster #KompakKalahkanCorona#


Jawaban tayangan materi Belajar dari Rumah di TVRI

Senin, 13 April 2020
Dokumenter : Karimun Jawa

1) Cara melestarikan dan melindungi peninggalan sejarah :
a. Memelihara peninggalan bersejarah sebaik baiknya
b. Melestarikan benda bersejarah agar tidak rusak baik oleh faktor alam/buatan
c. Tidak mencoret-coret benda bersejarah
d. Menjaga kebersihan,keutuhan,dan keindahan
e. Mentaati tata tertib di setiap tempat peninggalan bersejarah
f. Mentaati peraturan pemerintah yang berlaku

2) Arti dari ungkapan laut adalah halaman rumah bagi kami :
Laut merupakan tempat di mana kita bisa menikmati pemandangan dan merasakan keindahan alam bebas, selain itu laut sebagai sumber kehidupan dan mata pencaharian

Rabu, 15 April 2020
Dokumenter : Javanologi dan Ronggowarsito

1) Karena pemerintah kolonial menekan petani dengan memaksa menanam hasil komoditas yang seluruhnya harus di setorkan kepada pemerintah.

2) Saya ingin mengingatkan bahwa untuk menggali peradaban di indonesia harus melalui prosedur yang di tentukan oleh pemerintah Indonesia. Jadi,yang saya lakukan pertama kali adalah mencegahnya dengan menanyakan apakah orang asing telah mempunyai izin untuk menggali peradaban tersebut.

Jumat, 17 April 2020
Dokumenter : Ayam Betutu

1) Praktikkan cara memperkenalkan kuliner Nusantara kepada orang asing sehingga ia berkenan mencoba kuliner Nusantara!
JAWAB:
Saya mempromosikan makanan tersebut kepada orang asing, apabila tampilan kurang menarik. Saya akan membuat makanan tersebut menjadi menarik dan di-modernkan. Sehingga orang asing tersebut berkenan mencoba makanan asing tersebut.
2) Adakah kuliner Nusantara yang pernah kamu cicipi? Berikan pendapatmu tentang kuliner Nusantara tersebut dapat bertahan di era milenial seperti saat ini?
JAWAB:
Saya pernah mencoba berbagai kuliner misalnya adalah rendang dari Sumatera Barat. Menurut saya, rendang memiliki resep turun temurun hingga rasa, kualitas dan keunikannya masih terjaga dengan baik sehingga masih banyak yang berkenan. Apalagi rendang mulai diinovasikan menjadi berbagai hal.

Senin, 20 April 2020
Tokoh-Tokoh Indonesia

1)  3 buah gurindam berisi nasihat tentang pendidikan
a. Barang siapa hendak bertanya maka tanyalah pada ahlinya
b. Barang siapa mencari ilmu maka carilah ke para guru
c. Jika belajar bersungguh sungguh keberhasilan akan kau rengkuh

2) Contoh perubahan pendidikan di era digital dan dampak dari perubahan tersebut
a. Sistem pembelajaran di sekolah saat ini lebih ringkas dari pada zaman dahulu Dampaknya adalah siswa harus mencari sumber belajar yang lain yang mendukung materi pelajaran di sekolah.
b. Siswa dapat memanfaatkan teknologi untuk memperoleh sumber belajar . Dampaknya buku tidak lagi berperan penting dalam pembelajaran dan banyak siswa yang menghabiskan waktunya dengan memegang hp tetapi tidak untuk belajar.

3) yang dapat di teladani dari tokoh tokoh sejarah dari tayangan tersebut adalah pantang menyerah dan selalu berusaha serta segala halangan di hadapi dengan  berani demi bangsa Indonesia.

4) kesamaan yg di temukan adalah sama sama berani dan semangat memperjuangkan kepentingan rakyat.

Rabu, 22 April 2020
Pelangi Nusantara : Tradisi Lenggang Nyai

 1) Keunikan Tari lenggang nyai adalah perpaduan unsur budaya cina dan betawi dalam busana yang di kenakan.biasanya penari lenggang nyai menggunakan warna terang misal hijau terang dan merah terang dan bagian kepala di hiasi dengan hiasan seperti mahkota yang identik dengan budaya Cina.

2) Tari lenggang nyai adalah tarian khas jakarta yang di ambil dari sebuah cerita rakyat. Banyak pesan dan makna yang ingin di sampaikan dari tarian ini, terutama pesan mengenai kebebasan wanita. Tarian ini sering di tampilkan dalam berbagai acara di jakarta. Tari lenggang nyai berasal dari  kata "lenggang " yang berarti "melenggak - lenggak". Dan kata nyai yang di ambil dari cerita Nyai Dasimah. Tari lenggang nyai di ciptakan seorang seniman tari dari yogyakarta bernama Wiwik Widiastuti.

3) * Pola lantai pada tari tradisional berdasarkan pola yang sudah ada dari dulunya. Sementara pada tari kreasi baru pola berdasarkan pola yang sudah ada atau juga dapat di ubah
*  Pola lantai tradisional adalah tarian yang menggunakan pola lantai mudah,tapi kuat. Sementara tari kreasi adalah tari yang terdiri dari gabungan tari yang di buat oleh kita sendiri

Jumat, 24 April 2020
Situs Bersejarah Batu Berak

 1). Menurutmu, upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjadikan wisata alam sebagai wisata andalan suatu daerah?
Jawaban :
Upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan wisata alam menjadi wisata andalan suatu daerah yaitu:
- Melestarikan serta menjaga wisata alam yang dimiliki di daerah tersebut.
- Ikut mempromosikan wisata alam itu ke media sosial.
- Ikut menyebarkan informasi tentang wisata alam itu ke orang lain agar semakin terkenal dan orang berminat untuk mengunjunginya.
- Ikut bekerja sama dengan warga sekitar wisata alam dalam merawat serta melestarikan wisata yang dimiliki daerah itu.

2). Jika kamu adalah pemimpin di suatu daerah yang memiliki banyak situs bersejarah, apakah yang akan kamu lakukan untuk melestarikan situs-situs tersebut?
Jawaban :
Yang dilakukan untuk melestarikan situs bersejarah adalah:
- Membuat museum untuk tempat merawat dan menjaga benda-benda bersejarah di situs bersejarah tersebut.
- Memberikan pengetahuan serta membangun kesadaran masyarakat di wilayah situs bersejarah itu, dan ikut menjaga serta melindunginya.
- Membuat peraturan dan sanksi tegas bagi siapa yang merusak ataupun mencuri situs bersejarah tersebut.
- Mempromosikan situ bersejarah tersebut, baik secara online maupun offline, agar bisa dikenal oleh masyarakat luas dan menjadikan tempat wisata sekaligus tempat bejalar sejarah.


Senin, 27 April 2020
Pesona Masjid Agung Banten

1. Sebelum Islam berkembang di Banten, masyarakat masih hidup dengan tata cara kehidupan tradisi prasejarah dan dalam abad permulaan masehi ketika agama Hindu berkembang di Indonesia.
Hal ini dapat di lihat dari peninggalan purbakala dalam bentuk prasasti acara-acara yang bersifat Hinduistik dan bangunan keagamaan lainnya.Sumber naskah kuno dari masa pra Islam menyebutkan tentang kehidupan masyarakat yang menganut agama Hindu.

2. Labu tersebut merupakan simbol dari pertanian. Sebab, Banten lama terkenal makmur, gemah ripah loh jinawi.
Bahkan, pada masa kepemimpinan Maulana Yusuf, Banten terkenal dengan persawahannya yang luas hingga mencapai batas sungai Cintarum.

3. Bangunan masjid ini memadukan unsur Jawa Kuno dan Tingkok. Terlihat dari srambi yang lapang dan atap yang bertingkat.

Rabu, 29 April 2020
Vulkanologi

1) Praktikkan cara memperkenalkan kuliner Nusantara kepada orang asing sehingga ia berkenan mencoba kuliner Nusantara!
JAWAB:
Saya mempromosikan makanan tersebut kepada orang asing, apabila tampilan kurang menarik. Saya akan membuat makanan tersebut menjadi menarik dan di-modernkan. Sehingga orang asing tersebut berkenan mencoba makanan asing tersebut.
2) Adakah kuliner Nusantara yang pernah kamu cicipi? Berikan pendapatmu tentang kuliner Nusantara tersebut dapat bertahan di era milenial seperti saat ini?
JAWAB:
Saya pernah mencoba berbagai kuliner misalnya adalah rendang dari Sumatera Barat. Menurut saya, rendang memiliki resep turun temurun hingga rasa, kualitas dan keunikannya masih terjaga dengan baik sehingga masih banyak yang berkenan. Apalagi rendang mulai diinovasikan menjadi berbagai hal.

Senin, 4 Mei 2020
Kain Batik

1. Filosofi Batik di luar Pulau Jawa sangat berbeda dengan Batik yang berasal dari Jawa, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan struktur sosial dan wilayah, perbedaan tingkat kemakmuran, perbedaan sumber daya alam yang dimiliki di daerah tersebut, serta perbedaan sejarah asal usul daerah tersebut.
2. Perbedaan falsafah atau makna dari batik Parang dan Truntum adalah :
Motif Batik Parang memiliki kandungan makna yang tinggi.
Bahasa simbol yang terkandung di dalamnya adalah sebuah pesan bahwa sebagai manusia hendaknya tidak pernah menyerah dalam mengarungi kehidupan, sebagaimana ombak di samudera yang tak pernah lelah untuk bergerak.
Melansir dari Wikipedia, batik parang merupakan salah satu motif tertua di Indonesia.
Nama parang berasal dari kata 'Pereng' yang artinya lereng.
Pereng tersebut menggambarkan sebuah garis menurus dari tinggi ke rendang secara diagonal.
Bentuknya mirip huruf S, yang saling jalin menjalin tanpa putus.
Motif batik parang memiliki arti semangat untuk menjalani hidup dan tidak mudah putus asa saat menghadapi cobaan.
3.    Keterampilan membatik adalah istimewa, karena tidak semua orang mampu dan bisa memiliki keterampilan untuk membatik tersebut.

Keterampilan membatik juga dapat melestarikan budaya bangsa Indonesia yang terkenal akan kain batik nya.
Oleh karena itu upaya yang dilakukan adalah memberikan hasil batik kreasi yang cantik dan inovatif.

Rabu, 6 Mei 2020
Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

1) Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?
JAWABAN
Menurut saya, sebuah film akan diminati penonton tergantung pada sutradara karena seorang sutradara sudah mulai bekerja sejak tahap pra produksi, bahkan kadang-kadang sejak ide tersebut pertama kali muncul.
Oleh karena itu, peran sutradara dalam sebuah produksi film menjadi yang paling penting dibanding kru film lain.

2) Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?
JAWABAN
- Memilih Smartphone yang bagus.
- Menyiapkan aksesori tambahan seperti lensa, tripod, lighting, dan mikrofon.
- Mengedit film dengan bagus agar film lebih menarik

Jumat, 8 Mei 2020
Taman Nasional Betung Kerihun

1) Setuju, karena Kalimantan merupakan satu di antara beberapa tempat di Indonesia yang memiliki banyak flora dan fauna yang beragam.
2) Jika pepohonan berdiameter besar habis ditebang atau dibakar maka akan mempengaruhi ekosistem di sekelilingnya, seperti tanah yang akan kehilangan kekuatannya sehingga bila hujan lebat akan terjadi banjir hingga longsor.
3) Banyak penduduk yang tinggal di bantaran sungai karena sungai merupakan sumber kehidupan bagi mereka.

Senin, 11 Mei 2020
Polusi Air di Sekitar Kita

1) Aktivitas manusia yang menyebabkan polusi air antara lain :
A. Limbah rumah tangga
Limbah rumah tangga bisa menyebabkan polusi air.
B. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan
C. Air bekas cucian menggunakan detergen

2) Usaha utuk menanggulangi polusi air antara lain :
A. Melakukan pengelolaan air limbah
B.  Reboisasi
C. Memakai detergen ramah lingkungan
D.  Penggunaan kompos dan pupuk organik

3) Langkah penjernihan air menggunakan biji kelor :
A. Keluarkan beberapa biji dari buahnya dan lepaskan kulit luar dari biji-biji tersebut.
B. Tumbuk biji sampai menjadi bubuk yang halus. Jangan menggunakan biji yang warnanya tidak baik (berwarna cokelat).
C. Tambahkan 2 sendok kecil bubuk biji kelor ke dalam 1 botol air.
D. Aduk selama 5 menit.
E. Saringlah larutan ini melewati sebuah serbet yang bersih ke ember.
F. Aduk cepat selama 2 menit, lalu pelan selama 10 menit.
G.. Biarkan selama 1 jam tanpa diganggu. Kotoran dan bakteri akan menempel pada bubuk biji kelor dan tenggelam ke dasar air.
H.  Tuanglah dengan hati-hati air minum yang bersih ke dalam botol atau kaleng yang bersih. Tingglakan endapan bubuk ke dasar ember.


Rabu, 13 Mei 2020
Membaca Itu Asyik

1) Menambah ilmu dan wawasan.
Melatih ketrampilan untuk berfikir dan menganalisa.
Menambah kosakata.
Meningkatkan fokus dan konsentrasi.
Meningkatkan hubungan sosial.
Membantu kita terhubung dengan dunia luar.
2) Membuka perpustakaan keliling gratis.
Membuat event-event pameran buku murah.
Menyelenggarakan perlombaan membuat tulisan seperti novel, cerpen, dan buku lainnya.
Membuat perlombaan seperti membaca buku lalu meringkas isi buku tersebut dengan cepat.

Jumat, 15 Mei 2020
Pesona di Balik Enceng Gondok

1. Jika perusahaan industri tidak memberikan upah, kepada pekerja industri maka pekerja industri tidak bisa makan dan minum lalu tenaga pekerja itu melemah karena upah yang tidak.
2. Mencari enceng gondok di waduk, lalu di keringkan, proses pengeringan sekitar 10 hari pada musim kemarau.
3. Rotan enceng gondok karena rata rata orang untung besar dengan rotan enceng gondok dan utama pembelinya adalah orang tua.

Tugas : Senin 30 Maret 2020
Menulis Artikel tentang Corona

LATAR BELAKANG COVID-19

 Kalau Berani, Cicipi 5 Menu Tak Lazim Khas Nusantara Ini


Latar belakang virus Corona atau COVID-19, kasusnya dimulai dengan pneumonia atau radang paru-paru misterius pada Desember 2019. Kasus ini diduga berkaitan dengan pasar hewan Huanan di Wuhan yang menjual berbagai jenis daging binatang, termasuk yang tidak biasa dikonsumsi, misal ular, kelelawar, dan berbagai jenis tikus.

Kasus infeksi pneumonia misterius ini memang banyak ditemukan di pasar hewan tersebut. Virus Corona atau COVID-19 diduga dibawa kelelawar dan hewan lain yang dimakan manusia hingga terjadi penularan. Coronavirus sebetulnya tidak asing dalam dunia kesehatan hewan, tapi hanya beberapa jenis yang mampu menginfeksi manusia hingga menjadi penyakit radang paru.

Sebelum COVID-19 mewabah, dunia sempat heboh dengan SARS dan MERS, yang juga berkaitan dengan virus Corona. Dengan latar belakang tersebut, virus Corona bukan kali ini saja membuat warga dunia panik. Memiliki gejala yang sama-sama mirip flu, virus Corona berkembang cepat hingga mengakibatkan infeksi lebih parah dan gagal organ.



Tugas : Sabtu 14 MAret 2020
Menulis Fabel
Balas Dendam Keluarga Kelelawar


Di salah satu kota china hiduplah keluarga kelelawar yang harmonis. Suatu hari bapak dan ibu kelelawar pergi untuk mencari buah, namun ditengah perjalanan, bapak dan ibu kelelawar terjebak dalam jaring. Ternyata jaring itu sengaja dipasang oleh pemburu.
Sampai akhirnya bapak dan ibu kelelawar dibawa ke rumah pemburu. Sesampainya di rumah pemburu, bapak dan ibu kelelawar dikurung dalam sangkar.
Keesokan harinya, bapak dan ibu kelelawar dibawa ke pasar oleh pemburu untuk dijual. Setelah pemburu itu menunggu, akhirnya pembeli pun datang.
Di rumah pembeli itu, bapak dan ibu kelelawar dimasak dan dimakan oleh keluarga pembei. 
Ketika sedang mau masuk ke mulut untuk ditelan, kelewar itu berkata, "Sekarang kalian memasak dan enak-enakan memakan dagingku. Kalian telah membuat kami tersiksa. Suatau saat giliran kalian akan merasakan tersiksa. Aku akan masuk lewat mulut dan hidung kalian. Lalu masuk ke dalam paru-parumu. Akan kami buat kalian sesak nafas, hingga kalian mati secara perlahan. Itulah balasan yang harus kalian rasakan." 
Kini kelelawar menjadi makanan favorit warga China, namun beberapa waktu kemudian banyak orang-orang yang batuk, sesak nafas, demam. Para peniliti pun heran kenapa banyak sekali orang yang sakit seperti itu.
Akhirnya penliti berhasil menegaskan bahwa gejala batuk, sesak nafas, demam itu adalah virus dari kelelawar yg dikonsumsi manusia.Virus itu dinamakan dengan Virus Corona / covid-19.

HASIL PENILAIAN E-PORTOFOLIO
No
Kompetensi
Kriteria
Skor
 Skor Maksimal
1
Menulis fabel
Struktur, isi, dan penulisan sesuai.
21

25
2
Menulis artikel
Judul, isi, dan penulisan sesuai.
22

25
3
Menjawab pertanyaan materi Belajar dari Rumah di TVRI
Mengerjakan semua dengan benar.
23


25
4
Membuat poster
Isi singkat dan jelas, gambar menarik.
23

25

Jumlah Skor

89
100

Nilai / Kategori
  89 x 100 / 100
  89 / B

Kategori Nilai :
93 – 100 = A   (Amat baik)        
84 – 92   = B   (Baik)             
75 – 83   = C   (Cukup)           
≤ 74       = D   (Kurang)              

Mirit, 18 Mei 2020
Guru Mapel Bahasa Indonesia




Aris Margono, M.Pd.
NIP 19761122 200903 1 002









0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm