468x60 Ads



Menyambut Era Revolusi Industri 4.0


Perubahan besar selalu terjadi tiap satu Dekade (10 tahun) sekali. Hal ini juga terjadi pada Industri saat ini yang sudah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Apa itu Revolusi Industri 4.0?
Baik, coba kita lihat satu per satu dari kata Revolusi yang artinya perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat (Wikipedia). Sedangkan Industri adalah suatu usaha, proses atau kegiatan pengolahan bahan baku baik bahan mentah ataupun bahan setengah jadi agar menjadi barang yang bernilai ekonomis lebih tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat (kamusqu).
Revolusi Industri 4.0 adalah otomatisasi sistem produksi dengan memanfaatkan teknologi dan big data (Wikipedia).
Tersedianya infrastruktur jaringan komunikasi dan database, membuat dunia ini semakin datar. Perputaran informasi di seluruh dunia bisa diakses hanya dalam hitungan detik. Tentunya hal ini banyak memberi pengaruh baik positif maupun negatif, bagi kehidupan manusia.
Sisi positifnya dalam bidang industri dan komunikasi semakin mudah dan dapat menjangkau lapisan paling luar sekalipun. Namun sisi negatifnya, jika sikap mental belum siap menghadapinya maka informasi yang ada bisa menjadi boomerang untuk penggunanya.
Peran orang tua, guru dan pendidik sangat diperlukan sekali dalam membimbing putra putri nya agar lebih siap dan bijak dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Apalagi hal ini akan lebih cepat menyusul Era baru yang sudah dirancang sedemikan rupa, sebagai lanjutan era saat ini.
Akhirnya tetep berpegang teguh pada landasan Moral, Adab dan Agama agar tetap bisa memanfaatkan sisi positif dari Era Revolusi Industri 4.0.

0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm