468x60 Ads



KLSKK Mengikuti Geo Famtrip Explore Geopark

 

KLSKK (Komunitas Literasi Sekolah Kabupaten Kebumen) mengikuti kegiatan Geo Famtrip Explore Geopark. Kegiatan ini digelar dalam rangka Explore Geopark menuju Geopark Karangsambung-Karangbolong Go Internasional. 

Geo Famtrip Explore Geopark diadakan pada hari Sabtu 5 November 2022. Peserta kegiatan adalah Pejabat Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kebumen, Kepala Sekolah TK, SD, SMP yang dilewati rangkaian perbuktian kars Karangsambung-Karangbolong, dan para penulis buku muatan lokal Geopark Karangsambung-Karangbolong, yaitu beberapa anggota KLSKK.

Titik kumpul para peserta Geo Famtrip Explore Geopark Karangsambung-Karangbolong di halaman kantor Disparbud (Dinas Pariwisata dan Budaya ) Kabupaten Kebumen. Rombongan peserta menggunakan tiga buah mobil elf menuju ke Goa Jatijajar. Usai dari Goa Jatijajar, trip dilanjutkan menuju ke kawasan perbukitan kars yang ada di Pantai Menganti. Sepanjang perjalan dan selama di lokasi kunjungan, peserta mendapat edukasi mengenai Goepark Karangsambung-Karangbolong dari, Bapak Sigit dan tim dari Disparbud yang merupakan pemandu wisata edukasi Geopark Karangsambung-Karangbolong. 

Secara umum ada tiga materi pokok yang disampaikan oleh tim pemandu pada wisata edukasi ini, yaitu 1) Terbentuknya kawasan kars Karangsambung-Karangbolong yang merupakan dasar laut yang terangkat ke permukaan akibat tumbukan Lempeng Samudra India-Australia  dan Lempeng Benua Eurasia pada jutaan tahun yang lalu. 2) Kawasan Kars Karangsambung-Karangbolong dari tinjauan biota (flora dan fauna), dan 3) Kawasan Kars Karangsambung-Karangbolong dari tinjauan budaya.

 


 


 





0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm