468x60 Ads



Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pelayanan Kesehatan

Karya: Umi Salamah
Kelas: 7C

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PELAYANAN KESEHATAN
Teknologi pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat perkembangannya. Bukan hanya dalam mencari informasi, tetapi memudahkan kita dalam menyeselesaikan pekerjaan yang pada zaman sekarang semuanya sudah sistem teknologi. Bukan hanya teknologi yang mengikuti perkembangan, tetapi juga kita sebagai penggunanya. Dimana pada zaman sekarang ini yang semuanya sistem praktis maka kita juga harus memahami dan memperlajari bagaimana perkembangan teknologi tersebut.
Teknologi komputer misalnya, banyak mengubah alat-alat kedokteran. Semua informasi medis, termasuk yang dihasilkan dari sinar X, tes laboratorium, dan monitor detak jantung, dapat ditransmisikan ke dokter lain dalam format digital.
Teknologi transfer gambar juga menjadikan gambar radiologi, misal CT scan dan MRI, bisa segera dikirim ke diagram elektronik dan meja dokter. Pasien rawat intensif, yang selalu dimonitor perawat selama istirahat, juga dapat dimonitor oleh dokter melalui “menara kontrol” dari jarak jauh
Telemedicine (pengobatan jarak jauh), yaitu perawatan yang diberikan melalui telekomunikasi juga turut mambantu dunia kedokteran. Sekarang Telemedicine telah di implementasikan oleh administrator penjara amerika, tempat di mana tahanan diberi jaminan perawatan medis karena jumlah tahanan semakin banyak maka biaya kesehatan pun perlu dikontrol.
Rekam medik elektronik dan perangkat komputerisasi lainnya membuat pasien serangan jantung bisa mendapatkan obat yang sesuai, dan kadar gula darah pasien diabetes pun bisa terukur. Setiap kali kita mengunjungi seorang dokter atau pergi kerumah sakit dan setiap kali kita mengisi formulir, informasi tentang kunjungan kita dan obat (resep) yang kita terima akan menjadi bagian dari satu atau lebih database tentang sejarah kesehatan pribadi kita. Di beberapa kantor praktik dokter, diagnosis dicatat pada kertas file folder sedangkan kantor praktik lainnya mencatatnya pada komputer. Di masa yang akan datang semua praktik Dokter sebaiknya menggunakan komputerisasi untuk memudahkan dalam mengakses database pasiennya.
Sebagai mahasiswa yang sangat berperan aktif dalam perkembangan dan teknologi informasi terhadap pelayanan kesehatan, kita juga harus mengetahui dampak positif dan negatif dari teknologi informasi yang berkembang antara lain:
Dampak Positif
1. Sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik.
Di berbagai tatanan pemberi pelayanan kesehatan kini telah memanfaatkan kemajuan TI, misalnya di rumah sakit, puskesmas atau klinik. Perekaman data-data pasien secara digital, memudahkan perkerjaan di bagian rekam medis. Adanya jaringan yang tertata rapi, memudahkan akses terhadap data pasien dari bagian manapun.
Pada bagian diagnosis juga memberikan harapan cerah. Berbagai alat diagnostik ditemukan, sehingga lebih memudahkan untuk penentuan perawatan atau pengobatan. Dengan perkembangan teknologi informasi yang terus menerus, tidak menutup kemungkinan nantinya akan ditemukan cara mengobati penyakit yang sementara saat ini belum ditemukan obatnya, misalnya HIV AIDS.
2. Sumber informasi kesehatan yang lebih lengkap dan mudah.
Menilik ke belakang, pada mulanya informasi disampaikan melalui bahasa. Lalu terjadi peningkatan dengan menggunakan gambar sebagai media informasi. Kemudian ditambah suara, gambar gerak (video) pada media televisi. Kini ada internet sebagai media serba ada dan serba tahu. Informasi kesehatan dapat diperoleh dengan mudah, hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.
3. Pengawasan gaya hidup sehat dalam genggaman
Teknologi mobile menjadi salah satu isu penting abad ini. Sebuah kemudahan dan kepraktisan yang sangat berpengaruh terhadap gaya hidup manusia. Asisten pribadi ada dalam genggaman, berupa telepon seluler atau perangkat sejenis. Kini telah banyak aplikasi kesehatan yang bisa disematkan dalam perangkat tersebut. Misalnya cara perhitungan Body Mass Index (BMI) yang diperlukan bagi orang yang sedang melaksanakan diet.
4. Perk embangan keilmuan/riset
Perkembangan teknologi informasi juga merambahi keilmuan di bidang kesehatan. Banyak peneliti yang melakukan penelitian dan kemudian memuat hasil penelitiannya dalam bentuk jurnal di internet. Hal ini memudahkan bagi peneliti di belahan dunia yang lain untuk mengetahui, atau mempelajari riset kesehatan yang dilakukan orang lain, sehingga ilmu yang berkaitan dengan kesehatan dapat berkembang.
5. Penurunan biaya/efisiensi
Kemudahan-kemudahan yang tercipta karena adanya perkembangan teknologi informasi, dapat berpengaruh pada efisiensi biaya.
Dampak Negatif
1. Resiko terjadinya penyakit baru.
Penggunaan alat-alat canggih menyimpan resiko yang mengancam kesehatan. Misalnya pada laboratorium diagnostik dengan tingkat radiasi yang tinggi. Bukan hanya alat yang canggih, bahkan komputer yang setiap hari digunakan juga memiliki efek radiasi.
2. Pemberitaan yang kurang tepat
Perkembangan TI membuat mudahnya transfer informasi, hingga tiba ke tangan masyarakat. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada pemberitaan yang tidak tepat dan tidak bertanggung jawab, sehingga memberikan pengetahuan yang salah kepada masyarakat.
3. Kesalahan persepsi
Informasi banyak disampaikan melalui berbagai media. Setiap orang belum tentu memiliki pemahaman yang sama dengan yang dimaksudkan oleh pembuat informasi. Hal ini menyebabkan kesalahan persepsi, sehingga esensi penyampaian informasi tidak tercapai. Bisa jadi karena pemilihan tata bahasa atau cara penyampaian yang tidak tepat.
4. Biaya mahal
Sebagai konsekuensi dari penggunaan teknologi canggih, ada jumlah biaya yang harus dikeluarkan.
Dalam hal ini disinilah kita sebagai mahasiswa harus berperan lebih aktif lagi dalam proses kemajuan dan perkembangan teknologi. Kita dapat lebih peka, terutama kita sebagai petugas pelayanan kesehatan dimana masyarakat banyak membutuhkan kita. Kita bisa lebih aktif dalam mempelajari perkembangan teknologi dalam meminimalisir kesalahan dan dampak-dampak negatif yang di timbulkan teknologi informasi sekarang. Misalnya dengan kita memahami peran kita di tengah-tengah masyarakat kita bisa membangun kesehatan yang berkualitas dengan intelektual dan keterampilan kita. Seperti pada jurusan Rekam Medis yang mempelajari tentang “Teknologi Informasi Pada Pelayanan Kesehatan” mahasiswa dapat mempelajari tentang pelayanan kesehatan lebih dalam lagi. Seperti menggunakan keterampilan dalam mendesaign formulir-formulir atau sistem komputerisasi yang diperlukan untuk melayani pasien dalam pelayan kesehatan di rumah sakit, puskesmas, klinik, dll. Ini dapat mempermudah pekerjaan dalam melayani masyarakat yang dapat mengefisiensiasikan waktu dan meningkatkan efetifitasnya. Disinilah mahasiswa dapat mengasah keterampilan dan ide-ide kreatif mereka yang bisa sangat berguna dalam pelayanan kesehatan baik sekarang atau pun masa depan. Dan dari hal-hal yang kecil yang bisa kita perbuat untuk memberi keuntungan pada masyarkat sebagai petugas pelayanan kesehatan maka bisa berdampak baik di kemudian harinya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm