468x60 Ads



MPLS dan Pembelajaran Daring Menggunakan Apliasi Google Meet dan Google Classroom





Pada tahun ajaran baru 2020/2021 masa darurat pandemi virus corona masih berlanjut. Kabupaten Kebumen  masuk kategori zona kuning yang artinya masih harus melaksanakan pembelajaran secara daring. MPLS bagi siswa baru yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari hari Senin s.d Rabu, tanggal 14 s.d 16 Juli 2020 juga dilaksanakan secara daring penuh, tidak ada siswa yang datang ke sekolah.

Materi MPLS dikemas dalam format video dan g-form. Dikirim pada siswa oleh wali kelas melalui grup WA kelas. Materi yang disampaikan pada kegiatan MPLS adalah sebagai berikut.
Hari pertama :
1. Sambutan memasuki tahun ajaran baru dan pembukaan MPLS oleh kepala sekolah.
2. Pengenalan lokasi dan ruangan
3. Pengenalan guru dan karyawan
Hari kedua :
1. Pengenalan kurikulum
2. Menjawab quis
Hari ketiga :
1. Bahaya narkoba
2. Pendidikan karakter

Tim inti pembuat materi MPLS daring dipercayakan kepada Bapak/Ibu guru yang menguasai IT. Ibu Tri Wahyuni selaku kepala sekolah membuat materi sambutan pembukaan MPLS yang divideokan oleh rekanan dari SMK yang mempunyai jurusan teknik audio video. Ibu Dian membuat presensi harian menggunakan g-form dan membuat materi bahaya narkoba. Pak Toto membuat materi pengenalan kurikulum yang disertai quis. Pak Aris membuat materi pengenalan guru dan karyawan serta materi pendidikan karakter.  Ibu Fatma, Ibu Nova, Ibu Ari, Ibu Yety bertugas menarasikan lokasi dan lingkungan sekolah yang divideokan olah Pak Toto.  Semua video dam materi MPLS diupload ke youtube kemudian link nya dibagikan oleh wali kelas ke grup WA kelas 7.

Setelah MPLS selasai dilaksanakan selama tiga hari, pada hari ke empat pembelajaran dilanjutkan dengan menggunakan aplikasi google meet dan google classroom. Uji coba pembelajaran daring hari pertama dilaksankan di depan ruang perpustakaan. Mata pelajaran yang dipilih, yaitu Bahasa Indonesia dengan guru Pak Aris. Bertugas sebagai kameramen Pak Toto. Adapun narator oleh Ibu Fatma.







0 comments:

Post a Comment

 
. © 2016 Design by Manisum | Sponsored by bkktkm - bkktkm - bkktkm